Apple Lebih Suka iPhone Layar LCD Ketimbang OLED

Telset.id,Jakarta – Apple diperkirakan akan merilis tiga model iPhone baru pada bulan September. Menurut laporan Wall Street Journal, satu dari tiga model yang akan dirilis menggunakan layar LCD agar menekan biaya produksi sehingga dapat dijual dengan harga lebih murah.

Meski penggunaan layar OLED lebih baik, namun Apple lebih berharap model LCD dengan harga lebih murah akan menjadi yang paling populer, ketimbang dua model baru iPhone layar OLED yang akan diluncurkan pada akhir tahun ini.

Dua model iPhone dengan layar OLED ini merupakan jenis layar yang sama digunakan pada iPhone X. Sedangkan satu model lainnya dengan layar LCD, sama seperti yang digunakan pada iPhone 8 dan semua iPhone sebelumnya.

Pertanyaan terbesar bagi investor adalah apa yang baru dari ketiga ketiga perangkat tersebut?

Baca juga: Apple Pangkas Produksi iPhone sebesar 20 Persen

Seperti diketahui, saat ini iPhone merupakan salah satu perangkat yang menggunakan teknologi layar OLED, yang membuatnya menjadi smartphone dengan harga paling mahal di dunia, yakni sekitar USD 999 atau sekitar Rp 17 jutaan.

Harga yang sangat mahal itu sebagian besar disebabkan teknologi pada layarnya. Bandingkan, untuk komponen layar OLED berharga USD 100, sedangkan layar LCD hanya berharga sekitar USD 40.

Menurut analis yang dikutip oleh Wall Street Journal, jika Apple menjual lebih banyak iPhone OLED, maka iPhone akan dijual dengan harga rata-rata yang lebih tinggi.

Baca juga: 2018, Apple akan Luncurkan Tiga Varian iPhone?

Itulah yang menjadi alasan mengapa Apple mengalihkan rencana produksinya untuk membuat lebih banyak iPhone LCD daripada iPhone OLED. Apple berusaha mengantisipasi model yang lebih murah menjadi produk yang lebih populer.

Meski harus diakui, layar OLED memang memiliki kualitas gambar yang lebih baik daripada layar LCD, serta warna hitam yang lebih gelap dan konsumsi daya yang lebih rendah.

Kabar mengenai rencana Apple menluncurkan tiga produk baru pada tahun ini juga dikuatkan dari laporan dari sumber lain sebelumnya, seperti Bloomberg dan analis Apple kondang, Ming-Chi Kuo.

Berita Terkait: iPhone 6,1 Inci Tanpa Fitur 3D Touch?

Keduanya juga memprediksi Apple akan meluncurkan tiga iPhone baru di akhir tahun ini. Ketiga produk baru tersebut yakni versi upgrade dari iPhone X, versi iPhone X dengan layar yang lebih besar, dan iPhone LCD dengan harga murah yang dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah atau Face ID.

Analis terkenal Ming-Chi Kuo sebelumnya meramalkan bahwa iPhone dengan layar LCD dijual dengan harga kisaran antara USD 550 dan USD 650 atau Rp 7 juta sampai Rp 8 jutaan. [BA/HBS]

Sumber: Business Insider

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI