Hacker 4 Negara Ini Bikin Amerika Ketar-ketir

Hacker Tiongkok China

1.Tiongkok

Tiongkok merupakan salah satu negara yang paling ditakuti Amerika. Negara dengan penduduk terbanyak di dunia ini memiliki pasukan kusus cyber yang siap menyerang AS kapan saja. Beberapa waktu lalu, dalam sebuah dokumen intelijen berjudul ‘The Science of Military Strategy’, terungkap bahwa Tiongkok memiliki unit rahasia perang cyber, baik pada pihak militer maupun pihak sipil-pemerintah. Sejak beberapa tahun yang lalu AS dan beberapa negara lain telah menduga Tiongkok berada dibalik beberapa serangan cyber.

Salah satu bukti ganasnya hacker Tiongkok terjadi pada minggu lalu, dimana perusahaan penyedia layanan hosting international asal Amerika, GitHub mengaku telah mengalami serangan terparah dalam sejarah Amerika akibat ulah hacker Negeri Tirai Bambu itu.

Menurut James, para hacker Tiongkok memang tidak sungkan-sungkan untuk menggunakan cara kasar dalam membobol jaringan komputer korban mereka. Hal itu karena mereka memiliki kemampuan menyerang jaringan dan memiliki unit khusus yang ditujukan untuk berperang pada jaringan komputer.

Pada tahun 2013 perusahaan keamanan swasta Amerika, Mandiant melaporkan tentang kelompok hacker terkenal Unit China 61398, yang diduga melancarkan serangan cyber terhadap perusahaan-perusahaan Amerika yang terletak dipinggiran kota Shanghai.

Unit 61398 juga menargetkan sejumlah instansi pemerintah dan perusahaan-perusahaan yang mempunyai database berisi informasi yang luas dan rinci tentang  infrastruktur vital di Amerika Serikat, termasuk jalur fiber optik, jalur transmisi dan fasilitas pembangkit listrik.

2. Rusia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI