Gusur Apple, Alphabet Kini Terkaya Sejagad

Telset.id – Induk usaha Google, Alphabet, pada minggu lalu dilaporkan bisa menyalip Apple sebagai perusahaan terkaya di dunia. Dan seperti telah diperkirakan, Alphabet akhirnya berhasil menggusur Apple sebagai perusahaan paling tajir di dunia dengan nilai perusahaan mencapai USD 553 miliar atau setara Rp 6.905 triliun.

Seperti dikutip dari Gizmodo, kekayaan Alphabet mencapai USD 553 miliar, sementara Apple membukukan kekayaan USD 538 miliar. Alphabet berhasil menyalip Apple dengan tambang uang utama berasal dari Google.

Nilai perusahaan Alphabet diprediksi masih akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan pendapatan di sektor periklanan digital. Firma konsultan eMarketer memprediksi pasar iklan digital mobile dalam skala global akan meningkat tiga kali lipat hingga 2019 mendatang.

Perkiraan itu tentunya membawa angin segar bagi Google yang kini bernaung di bawah Alphabet. Selain raksasa mesin pencarian, Google memang dikenal sebagai tambang uang bagi Alphabet dari bisnis iklan digital

Selain dari sisi iklan digital, Alphabet masih memiliki posisi yang kuat untuk sektor-sektor usaha lainnya. Seperti misalnya mobil self-driving, robot, dan peralatan kesehatan berteknologi tinggi.

Di sisi lain, pendapatan Apple melambat seiring dengan perlambatan pasar smartphone dunia. Hingga akhir tahun ini, perlambatan pasar smartphone dianggap bakal memperlemah posisi Apple.

Menurut laporan International Data Corporation (IDC), penjualan smartphone global melambat 10% sepanjang 2015. Bila ke depan Apple masih mengandalkan penjualan iPhone, maka posisi Apple semakin terhimpit.

Saat ini, belum tampak bisnis kuat lain yang dipersiapkan Apple kalau-kalau industri smartphone terus melemah. Menarik untuk dinanti apa yang akan dilakukan Apple untuk merebut kembali mahkotanya yang hilang.[HBS]

 

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI