Google TV akan Diganti Jadi Android TV?

G2, Google TV dari LGJakarta – Google TV generasi pertama telah diluncurkan tiga tahun silam, namun hasilnya tidak memuaskan alias gagal. Melihat hal itu, Google akan menarik merk Google TV dari pasaran, dan berencana menggantinya dengan Android TV.

Dalam laporan terbarunya GigaOM menyebutkan, bahwa Google saat ini tengah berencana untuk menyesuaikan platform smart TV dengan sistem operasi yang lebih populer, yakni akan mengusung platform Android.

Alasan Google mengambil langkah ini karena menganggap Google TV telah gagal. Dan dengan menggunakan Android secara penuh, maka diharapkan platform tersebut akan bisa dimanfaatkan lebih luas.

Pihak Google sendiri secara resmi belum memberikan tanggapannya soal kabar ini, namun seorang eksekutif dari rekanan Google TV disebutkan telah mengkonfirmasikan rencana tersebut. Menurut eksekutif itu, nama ‘Google TV’ akan diganti ‘Android TV’.

Di lingkungan internal karyawan Google TV juga sudah mulai tak lagi menyebutkan Google TV, tetapi menyebut Android TV. Perubahan ini nampaknya tinggal menunggu waktu untuk diumumkan resmi.

Diperkirakan Google mengubah strateginya untuk menggunakan Android terbaru di smart TV setelah melihat kesuksesan Chromecast. Dongle seharga 35 dolar tersebut terbukti laris terjual di Amazon, bahkan pembeli harus menunggu beberapa pekan sebelum barang dikirim.

Google juga telah mengatakan akan meningkatkan kemampuan Chromecast di masa mendatang, sehingga nantinya Chromecast akan menjadi salah satu perangkat utama untuk Android TV.

Rencana perubahan ini juga telah diantisipasi oleh beberapa rekanan Google. Sony misalnya dalam peluncuran adapter Bravia TV bulan lalu, pihak Sony mengatakan bahwa perangkat tersebut akan memberikan layanan Google secara penuh ke perangkat televisi.

Selain itu rekanan Google yang menyuplai chipset Google TV juga sudah menggunakan istilah baru saat mengumumkan dukungan produknya bulan lalu dengan mengatakan bahwa SDK terbarunya akan memungkinkan pengembangan perangkat yang kompatibel dengan Android dan mendukung layanan Google terbaru untuk televisi.

Jika perubahan ini dilakukan maka dipastikan perangkat TV akan menggunakan Android versi terbaru, bukan Honeycomb seperti pada Google TV. Google telah mengumumkan akan mengeluarkan update Google TV ke Android terbaru dan LG menjadi rekanan Google pertama yang mengeluarkan updatenya pada akhir bulan ini.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI