Google Translate Bisa Terjemahkan Teks di Semua Aplikasi

Telset.id, Jakarta – Pada akhir tahun lalu, Google memamerkan sebuah kemampuan baru di Google Translate Android yang mereka namakan Tap to Translate. Kini fitur baru tersebut akhirnya resmi diluncurkan bersama update terbaru Google Translate untuk Android.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, fitur ‘Tap to Translate’ ini memungkinkan pengguna untuk memilih dan menyalin sebuah teks kalimat apapun yang tertera di layar ponsel, lalu menempelnya di floating window untuk menerjemahkannya sesuai dengan bahasa yang dibutuhkan.

Fitur baru ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menerjemahkan teks tanpa harus berulang kali membuka aplikasi Google Translate setiap ingin menerjemahkan teks yang ada di sebuah aplikasi.

[Baca juga: Pakai Google Translate Tak Perlu Tutup Aplikasi]

Menariknya, para pengguna Google Translate dapat memanfaatkan fitur Tap to Translate untuk aplikasi messaging apapun, termasuk percakapan antar perseorangan maupun di dalam grup.

Selama ini para pengguna aplikasi messaging sering “disibukkan” saat mereka harus mengetik pesan dan membalasnya dalam bahasa yang berbeda. Jka percakapan berlangsung terus-menerus, maka tentu cukup merepotkan.

Google Tap to Translate gbrBisa Anda bayangkan, pengguna harus menutup aplikasi chat untuk membuka aplikasi Translate, kemudian copy-paste teks asli, lalu menerjemahkannya dan kembali ke aplikasi chat semula. Sangat merepotkan, bukan. Kini dengan menggunakan fitur Tap to Translate, kerepotan itu dapat diatasi.

[Baca juga: Google Translate Tambah Koleksi 13 Bahasa Baru]

Sejatinya fitur baru ini juga bisa dijalankan pada perangkat iOS. Hanya saja, pada giliran pertama upate diberikan baru untuk perangkat Android dulu. Itu artinya, para pengguna iOS masih harus bersabar menunggu giliran mendapatkan update terbaru Google Translate.

Google menerangkan bahwa update terbaru Google Translate yang membawa fitur baru Tap to Translate ini dapat bekerja pada perangkat yang berjalan pada Android 4.2 atau di atasnya.

[Baca juga: Deep Learning Bikin Google Translate Lebih Pintar & Akurat]

Nah, bagi Anda pengguna Android yang belum mengunduh aplikasi Google Translate di perangkatnya, bisa segera mendownload aplikasinya di di Play Store agar dapat bisa menggunakan fitur Tap to Translate. Selamat mencoba. [HBS]

 

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI