Google Pangkas Ukuran Aplikasi di Play Store Hingga 90%

Telset.id, Jakarta – Anda pasti sering merasa jengkel saat ingin mendownload sebuah aplikasi tapi ternyata sisa memori internal tidak mencukupi. Tapi masalah itu kini bisa diatasi, karena Google telah berhasil menemukan cara untuk mengecilkan ukuran aplikasi di Play Store dan juga file updatenya.

Dengan cara ini, Google menjamin proses pengunduhan aplikasi di Play Store akan bisa lebih cepat, dan juga tidak terlalu boros dalam mengkonsumsi ruang di memori smartphone. Sebelumnya Google sudah berhasil memangkas ukuran file download sebuah aplikasi sebanyak 47%, jika dibandingkan dengan mengunduh file APK secara penuh.

Hal itu dimungkinkan lewat algoritma bsdiff (Binary diff/patch utility) yang mampu mengurangi ukuran delta hingga 50% atau lebih jika dibandingkan dengan algoritma lama. Dengan mengaplikasikan patch ke file binary, bsdiff menghasilkan patch binary yang 50%-80% lebih kecil dibandingkan Xdelta.

Dan kini Google kembali berhasil menemukan cara baru untuk memangkas ukuran file hingga 65% dari file yang sudah disusutkan lewat bsdiff tadi. Google bahkan mengklaim bahwa dalam kasus tertentu, mereka bisa menghemat ukuran file hingga 90% dengan memakai teknik patching File-by-File.

Tapi teknologi patching ini untuk sementara hanya dipakai di layanan update otomatis saja, agar pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama hingga proses update selesai saat mereka menjalankan proses secara manual.

Google menjelaskan bahwa keunggulan sistem patch ini seperti situasi dimana seandainya Anda adalah seorang penulis sebuah buku yang akan diterbitkan, dan menemukan kalimat yang kurang tepat sehingga Anda ingin mengubahnya.

Dengan sistem patch, Anda ibaratnya langsung mengganti kalimat mana yang ingin diubah, tanpa harus menggantinya dengan sebuah buku baru yang telah direvisi. Kurang lebih begitulah kira-kira ilustrasinya. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here