Sony PlayStation 4 Sudah Terjual 50 Juta Unit

Telset.id, Jakarta – Menjelang tutup tahun, Sony mengumumkan pencapaian penjualan lini konsol game-nya. Raksasa elektronik asal Jepang ini mengungkapkan seri konsol game PlayStation 4 (PS4) telah terjual sebanyak 50 juta unit di seluruh dunia.

Sony pertama kali merilis PS4 pada November 2013 lalu. Sony pertama kali merilis PS4 di AS dan Eropa pada 15 November 2013, kemudian meluncurkannya di Jepang pada Februari 2014. Konsol game buatan Sony ini langsung disambut hangat dan laris manis di pasaran.

Jumlah penjualan PlayStation 4 yang menembus angka 50 juta unit di seluruh dunia itu termasuk model PS4 versi original, PS4 versi slim dan PS4 Pro yang baru-baru ini dirilis.

“Kami benar-benar senang bahwa pengguna PS4 terus berkembang sejak diluncurkan tiga tahun lalu. Kami akan terus memberikan yang terbaik dan akan terus fokus pada percepatan bisnis kami dan memperluas ekosistem PS4,” ujar Andrew House presiden dan CEO global Sony Interactive Entertainment dalam siaran persnya yang dikutip Telset.id dari Cnet.

Pihak Sony juga mengatakan bahwa pencapaian itu merupakan hasil dari minggu Black Friday terbaik sepanjang sejarah PlayStation. Penjualan PlayStation 4 disebutkan terdongkrak oleh minat konsumen didorong oleh headset PlayStation VR, yang merupakan satu-satunya sistem virtual reality yang tersedia untuk konsol game.

[Baca juga: Sony PS4 Neo Makin Kencang dan Dukung Konten 4K]

Dengan hasil itu, PS4 kini bertengger di posisi puncak sebagai konsol game paling laris sejagat, mengalahkan rival-rivalnya, seperti Xbox One buatan Microsoft dan Wii U besutan Nintendo.

Penjualan Xbox One sendiri tidak diketahui, karena memang Microsoft sudah tidak lagi mengumumkan angka penjualan Xbox One dalam beberapa tahun terakhir. Meski begitu, analis pasar DFC Intelligence memperkirakan angka penjualan konsol game buatan Microsoft itu masih belum mampu menandingi penjualan PS4.

[Baca juga: Spek Xbox Scorpio Bakal Lebih Gahar dari PS4 Neo]

Penjualan Xbox One diperkirakan akan terdongkrak selama musim libur akhir tahun ini. Diperkirakan penjualan Xbox One akan menembus angka 30 juta unit, masih belum bisa melampaui PS4. Begitupun dengan Wii U masih belum bisa bicara banyak untuk menandingi PS4. Konsol game buatan Nintendo itu tercatat baru terjual sebanyak 13,36 juta unit di seluruh dunia.[HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here