Google Keyboard Berubah Jadi “Gboard” di Update Android

Telset.id, Jakarta – Anda pernah mendengar Gboard? Mungkin bagi Anda pengguna smartphone Android belum pernah mendengarnya, namun bagi Anda pengguna iPhone atau iPad pasti pernah mendengarnya atau menggunakannya. Sekedar informasi, Gboard adalah nama pengganti dari Google Keyboard yang pertama kali dirilis di platform iOS.

Jangan tanyakan kami kenapa Google malah merilis Gboard pertama kali di iOS bukannya di Android ya. Tapi intinya Gboard memiliki banyak fitur lengkap yang mampu memudahkan penggunanya dalam mengetik di smartphone mereka. Saat pertama kali diluncurkan di iOS, banyak pengguna Android yang merasa kecewa sekaligus menanti-nanti kapan aplikasi ini hadir di Android.

Dan ternyata Google mendengar keluhan pengguna Android tersebut karena saat ini Google resmi mengganti nama Google Keyboard menjadi Gboard pada versi 6.0 di Android. Pembaruan tersebut sudah meluncur di Google Play Store, namun sepertinya belum merata karena saat kami mencoba membuka Play Store, belum ada pembaruan untuk Google Keyboard ke versi 6.0.

Gboard untuk Android memiliki berbagai fitur canggih di dalamnya, seperti memungkinkan penggunanya untuk mengetik hingga tiga bahasa sekaligus yang juga bisa ditemukan pada aplikasi keyboard Swiftkey. Ada juga fitur Glide yang merupakan perubahan dari fitur Gesture Typing, perubahan panel emoji, munculnya tombol GIF (fitur ini mati jika ada aplikasi yang tidak mendukung GIF), dan juga yang terpenting adalah tombol G pada keybiard yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mencari apapun dari Google langsung lewat keyboard.

Memang hingga kini di wilayah Indonesia pembaruan ke Gboard masih belum hadir. Namun Anda masih bisa mengunduhnya di APK Mirror untuk versi 6.0. Jadi jika tidak sabar ingin mencobanya, silakan mengunduh Gboard untuk smartphone Android Anda. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here