Google Ciptakan Kulit Buatan untuk Tes Kanker

Google Magnetic NanoparticlesJAKARTA – Pada Oktober 2014 lalu, Google mengumumkan proyek Magnetic Nanoparticles yang akan mencari sel kanker di aliran darah dan melaporkannya ke gelang kesehatan pintar (smart wristband). Google kini dikabarkan menambahkan kulit sintetis untuk mengembangkan teknologi ini.

Ketika Google mengumumkan proyek Magnetic Nanoparticles, mereka tidak mengatakan secara detil bagaimana nanoparticles akan melakukan pencarian sel kanker dan kemudian menyampaikannya ke smart wristband.

Tapi sebuah video dari The Tlantic, memperlihatkan nanoparticles itu akan menggunakan sinyal sinar untuk berbicara dengan wristband melalui nadi di bawah lengan. Tentu saja memancarkan sinar ke kulit harus mempertimbangkan banyak faktor, seperti warna kulit dan tipe kulit.

Untuk itu, seperti dilansir The Verge, Sabtu (31/1/2015), ilmuwan Google mengembangkan lengan palsu yang berlapis kulit sintetis, yang memiliki komposisi autofluoresecence dan biokimia yang sama dengan lengan asli. Untuk menggunakan lengan palsu ini tinggal menempelkan nadi di bawah ke lengan palsu.

Secara umum, proyek ini mendapatkan respon positif. Aalaupun akan terasa aneh jika ada nanoparticles yang berlarian di aliran darah, dan mencoba melacak sel kanker yang akan mambunuh Anda. [AI/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here