Google Bard Kini Terhubung ke Gmail, Maps Hingga YouTube

Telset.id, Jakarta – Google awalnya meluncurkan alat Bard AI sebagai reaksi spontan terhadap popularitas yang diperoleh ChatGPT awal tahun ini, tetapi Google terus meningkatkan Bard yang mana kini layanan chatbot AI itu sudah terhubung ke banyak aplikasi Google mulai dari Gmail, Maps hingga YouTube.

Hari ini ada fitur baru di Bard tepatnya di layanan Bard Extensions. Google mengatakan fitur ini adalah cara yang sama sekali baru untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan Bard.

Dengan menggunakan Extensions, Bard bisa mendapatkan informasi yang relevan dari semua produk Google lainnya yang mungkin Anda gunakan setiap hari. Mulai dari Gmail, Google Documents (Google Docs), Drive, Maps, YouTube dan bahkan Google Flights and hotels.

Dikutip Telset dari GSM Arena pada Rabu (20/09/2023), kehadiran Bard membantu Anda dalam menggunakan aplikasi Google, dan misalnya melakukan perencanaan perjalanan dengan teman-teman.

Bard, dapat mengambil tanggal yang sesuai untuk semua orang dari Gmail, mencari informasi hotel dan penerbangan real-time, menunjukkan arah Google Maps ke bandara, dan menunjukkan video YouTube tentang hal-hal yang harus dilakukan setelah Anda tiba di tempat yang Anda tuju. Semua ini bisa terjadi dalam satu percakapan dengan Bard.

BACA JUGA:

Contoh lain yang diberikan Google adalah melamar pekerjaan baru, dan menggunakan alat AI untuk menemukan resume Anda dari Drive dan meringkasnya menjadi pernyataan pribadi paragraf pendek, lalu terus berkolaborasi dalam surat lamaran Anda.

Privasi Anda dijamin keamanannya. Google mengklaim bahwa konten Anda dari Gmail, Dokumen, dan Drive yang diakses oleh Bard tidak dilihat oleh peninjau manusia, digunakan untuk menampilkan iklan kepada Anda, atau digunakan untuk melatih model Bard.

Mulai hari ini, Bard juga memiliki tombol “Google it” yang memungkinkan Anda untuk lebih mudah memeriksa jawabannya. Ketika Anda mengklik ikon G, Bard akan membaca respons dan mengevaluasi apakah ada konten di seluruh web untuk membuktikannya.

Saat pernyataan dapat dievaluasi, Anda dapat mengklik frasa yang disorot dan mempelajari lebih lanjut informasi yang mendukung atau bertentangan yang ditemukan oleh penelusuran Google.

Juga mulai hari ini, ketika seseorang berbagi obrolan Bard denganmu melalui tautan publik, Anda dapat melanjutkan percakapan dengan pertanyaan tambahan tentang topik itu, atau menggunakannya sebagai titik awal untuk sesuatu yang lain.

BACA JUGA:

Terakhir fitur seperti mengunggah gambar dengan Lens, mendapatkan gambar Search sebagai tanggapan, dan memodifikasi tanggapan Bard yang sebelumnya terbatas hanya dalam Bahasa Inggris, kini tersedia dalam lebih dari 40 bahasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI