Google akan Bikin Internet 1.000 Kali Lebih Cepat

Telset.id, Jakarta – Google memiliki ambisi besar untuk membuat layanan internet super cepatnya, Google Fiber, lebih cepat dari yang ada saat ini. Tak tanggung-tanggung, Google ingin memacu layanan Internetnya ini 1.000 kali lebih cepat.

Google saat ini memiliki layanan internet super cepat yang mereka namakan Google Fiber. Namun layanan ini hanya bisa dinikmati di sejumlah kota di Amerika Serikat saja. Meski telah

Baru-baru ini Google Fiber memposting iklan lowongan pekerjaan untuk mencari engineer yang tertarik menghasilkan inovasi teknologi Internet pada “tingkat kecepatan jaringan bandwith melampaui Gbps untuk tiap pengguna dengan biaya yang terjangkau”.

Saat ini, layanan Google Fiber menyediakan kecepatan hingga 1 gigabit per detik, yang hampir 100 kali lebih cepat dari kecepatan rata-rata yang bisa dinikmati pengguna di Amerika Serikat, yakni sekitar 11,7 Mbps.

Google berambisi menghadirkan Internet dengan kecepatan di atas gigabit (Gb) bukan gigabyte (GB), maka idealnya tingkatan berikutnya adalah Tbps atau terabit per detik.

Bisa dibayangkan, jika dengan kecepatan Gbps saja Anda bisa mengunduh film dengan kualitas HD hanya dalam waktu 7 detik, maka kecepatan Tbps hanya membutuhkan waktu 7 milidetik untuk mengunduh film kualitas HD.

Saat ini, layanan Google Fiber hanya tersedia di sebagian kecil kota di AS. Dan layanan 1Gbps adalah bukan yang tercepat, karena sudah ada beberapa perusahaan lain yang menawarkan 10Gbps untuk kecepatan download dan upload di daerah tertentu.

Banyak penelitian di serat optik terabit sekarang muncul berfokus pada penggunaan teknologi untuk backbone Internet yang mentransmisikan data antara pusat data dan benua.

Keterangan dari pengumuman Google tersebut memang tidak secara jelas menyebutkan kata terabit per detik, namun keterangan bahwa kecepatan gigabit per detik harusnya bisa dinikmati oleh pengguna perorangan, bukan seluruh jaringan.

Google ingin mencari orang yang benar-benar cerdas dan ambisius untuk bergabung dengan tim mereka memperbarui kecepatan layanan Internet mereka menjadi lebih jauh cepat lagi.[HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here