Terdampak Pandemi Covid-19, Gojek PHK 430 Karyawan

Gojek PHK Karyawan

Telset.id, Jakarta – Tak hanya Grab, Gojek pun terkena dampak dari pandemi Covid-19. Gojek terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap 430 karyawan dan menutup layanan GoLife serta GoFood Festival.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima tim Telset.id pada Rabu (24/06/2020), Gojek melakukan Townhall Meeting yang digelar sebanyak 16 sesi, dan dihadiri seluruh karyawan pada Selasa kemarin (23/06/2020).

Pada pertemuan tersebut, Gojek mengumumkan strategi perusahaan untuk fokus pada bisnis transportasi, pesan antar makanan, dan uang elektronik sebagai langkah jangka panjang dalam menghadapi pandemi Covid-19.

{Baca juga: Gojek Dilaporkan akan PHK Karyawan Minggu Ini}

Pertemuan tersebut dilakukan dengan tiap divisi yang ada. Co-CEO Gojek, Kevil Aluwi dan Andre Soelistyo pun menyampaikan pesan secara langsung dan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk bisa mengajukan pertanyaan.

Dalam kesempatan tersebut, kedua bos Gojek itu mengumumkan 2 keputusan utama demi dapat bertahan menghadapi pandemi virus corona.

Pertama, Gojek memutuskan untuk menghentikan layanan GoLife. Layanan ini mencakup GoClean dan GoMassage, serta menutup juga GoFood Festival.

Keputusan ini diambil berdasarkan evaluasi atas situasi makro ekonomi dan perubahan perilaku masyarakat yang menjadi lebih waspada terhadap aktivitas yang melibatkan kontak fisik ataupun kegiatan yang tidak memungkinkan untuk berjaga jarak.

“Selain itu, GoLife dan GoFood Festival mengalami penurunan permintaan secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir seiring dengan pandemi Covid-19,” tulis Gojek.

Keputusan kedua, sebanyak 430 karyawan atau 9% dari total karyawan Gojek yang sebagian besar berasal dari divisi yang terkait dengan GoLife dan GoFood Festival mengalami PHK.

“Ini merupakan satu-satunya keputusan pengurangan karyawan yang Gojek lakukan di tengah situasi Covid-19,” tambah Gojek.

{Baca juga: Hari Ini, GoRide dan GrabBike Kembali Layani Penumpang}

Meski demikian, Gojek berkomitmen untuk memberikan bantuan dana serta pelatihan online kepada mitra GoLife yang terdampak. Sedangkan bagi karyawan Gojek yang terkena PHK, Gojek akan memberikan pesangon di atas standar yang ditetapkan pemerintah. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here