Giliran Taiwan Blokir Smartphone Huawei, Kenapa Nih?

Telset.id, Jakarta – Taiwan telah menghentikan penjualan tiga smartphone Huawei. Namun, kebijakan tersebut tidak ada hubungannya dengan kekhawatiran soal spionase atau ancaman keamanan nasional, seperti yang dilakukan Amerika Serikat (AS).

Menurut AFP, seperti dilansir phoneArena, Huawei P30, Huawei P30 Pro, dan Huawei Nova 5T dilarang beredar oleh Komisi Komunikasi Nasional Taiwan sebelum Huawei melakukan perubahan sistem operasi yang dipakai.

{Baca juga: Resmi Masuk Indonesia, Segini Harga Huawei Mate 30 Pro}

Dikutip Telset.id, Jumat (15/11/2019), Komisi Komunikasi Nasional Taiwan menyebut, tiga smartphone Huawei itu memiliki masalah dengan fitur waktu dunia dan halaman kontak. Ada kesalahan penulisan.

Waktu dunia di Huawei P30, Huawei P30 Pro, dan Huawei Nova 5T tertulis Taiwan, China. Daftar serupa muncul saat nomor telepon seseorang di Taiwan disimpan di halaman kontak. Alhasil, Taiwan tak terima dengan hal tersebut.

Asal tahu saja, Taiwan dikenal dengan Republik Tiongkok. Taiwan adalah sebuah negara di Asia Timur yang kini menguasai daerah kepulauan Taiwan, Kepulauan Pescadores, Quemoy, dan Kepulauan Matsu.

{Baca juga: Huawei Bagi-bagi Bonus Rp 4 Triliun untuk Karyawannya}

Kata “Taiwan” biasanya digunakan untuk merujuk Republik Tiongkok secara keseluruhan. Sementara istilah “Tiongkok” merujuk kepada Republik Rakyat Tiongkok, yang menguasai Tiongkok Daratan, Hong Kong, dan Makau.

Republik Tiongkok berbeda dengan Republik Rakyat Tiongkok atau China. Walaupun Republik Tiongkok adalah nama resmi, sebutan Tiongkok sekarang merujuk kepada Tiongkok Daratan yang diambil alih oleh China. (SN/FHP)

Sumber: phoneArena

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI