Gandeng Samsung & IBM, BlackBerry Siapkan Tablet Baru

BlackBerry PlayBook
BlackBerry Playbook

JAKARTA – BlackBerry sepertinya benar-benar menepati janjinya untuk kembali ke bisnis tablet. Itu dibuktikan perusahaan asal Kanada ini dengan menggandeng Samsung dan IBM, untuk menghasilkan sebuah tablet aman yang akan diluncurkan pada musim panas mendatang (sekitar September).

Hadir dengan nama SecuTablet, perangkat ini kabarnya akan  dibanderol di kisaran harga USD 2.380 atau setara Rp 30 juta. Tablet ini sendiri konon didasarkan pada Samsung Galaxy Tab S 10.5, dan datang dengan teknologi enkripsi Secusmart yang kini dimiliki oleh BlackBerry.

Teknologi enkripsi Secusmart ini sebenarnya bukan lagi ‘barang’ baru. Teknologi ini bahkan sudah digunakan oleh pemerintah Jerman dan Kanada. Dan kini, Blackberry dkk menggunakan ini untuk mencegah orang memata-matai tablet tersebut.

Sementara itu, IBM sendiri berkontribusi dalam hal software yang memungkinkan pengguna memisahkan antara aplikasi kantor dan pribadi dengan aman pada perangkat yang sama.

Hans-Christoph Quelle, CEO Secusmart mengatakan bahwa siapa pun yang tahu bagaimana menggunakan Android harusnya bisa mengoperasikan tablet ini. Demikian seperti dilansir dari Phonearena, Minggu (15/3/2015).

Tablet BlackBerry PlayBook diluncurkan pertama kali pada 2011 dan tidak ada kelanjutannya setelah itu. Mengejutkan, karena tablet ini datang ke pasaran tanpa klien email atau kalender – kelalaian yang dikoreksi oleh pembaruan perangkat lunak di masa depan. Perangkat ini didukung oleh OS QNX, yang digunakan untuk membangun BlackBerry 10 OS.

Sementara Samsung Galaxy Tab S 10.5 hadir dengan dukungan  layar 10,5 inci Super AMOLED dengan resolusi 2560 x 1600, dan kepadatan piksel 288ppi. Mentenagai tablet ini adalah prosesor octa-core 1.9GHz Exynos 5420, lengkap dengan GPU ARM Mali-T628 MP6, RAM 3GB RAM dan memori internal 32GB – bisa diperluas hingga 128GB.

Di sektor kamera, tablet ini membawa resolusi 8MP di bagian belakang dan kamera 2.1MP di bagian depan. Plus baterai super sebesar 7900mAh, dan Android 4.4.2 pra-instal.

Dengan banderol harga yang sangat mahal, masuk akal sepertinya jika kita menyebut SecuTablet sebagai perangkat bagi pengguna bisnis. Pasalnya, hingga saat ini mereka adalah pasar yang masih mengandalkan fokus BlackBerry pada keamanan. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0