Fribo, Robot Khusus Orang-orang Galau

Fribo

Telset.id, Jakarta – Peneliti di Korea menciptakan robot prototipe bernama Fribo. Tugasnya cukup unik karena mampu mendorong orang yang galau dan kesepian untuk bisa mengirim pesan dan menelepon satu sama lain.

Dilansir dari CNBC, Fribo mampu menciptakan ruang hidup virtual yang nantinya dapat membantu para penggunanya yang sedang merasa terisolasi. Robot tersebut mempunyai sensor dan mikrofon yang mampu merekam aktivitas sehari-hari di rumah penggunanya yang kemudian dapat dibagikan dengan pengguna lain dalam sebuah grup.

Baca Juga: Ini 5 Konsep Robot Anyar NASA, Apa Saja?

Tak hanya membantu penggunanya yang tengah kesepian, Fribo juga memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi ketika seorang teman tiba di rumah, membuka lemari es, hingga menggunakan mesin cuci mereka.

Fribo sendiri telah diperkenalkan pada Konferensi Internasional ACM/IEEE tentang Interaksi Robot Manusia di bulan lalu. Saat dipamerkan, Fribo mampu memberikan hasil positif dalam meningkatkan perasaan orang yang merasa terisolasi.

Teknologi masa kini memang sudah semakin canggih. Para ilmuwan sudah banyak menciptakan robot yang bisa menggantikan tugas-tugas manusia.

Baca Juga: Robot Tidak akan Musnahkan Manusia

RIBA atau Robot for Interactive Body Assistance, misalnya, bisa menjadi robot layaknya seorang perawat. Robot tersebut dikembangkan untuk mengangkat atau menggendong pasien rumah sakit.

Ada pula robot ApriPoco, yang bisa mengendalikan segala jenis remot AC, TV, dan sebagainya. ApriPoco juga bisa berbicara dan mengenali perintah suara. (SN/FHP)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here