Foto Planet Asing dengan Orbit Aneh di Dunia Tak Dikenal

Telset.id, Jakarta  – Teleskop baru Eropa, yang mempelajari planet-planet alien atau tak dikenal, telah berhasil memotret detail planet asing dari sebuah dunia tak dikenal. Bentuknya aneh, sangat panas dan miring di sekitar bintang melengkung.

European Space Agency (ESA) meluncurkan Characterizing Exoplanet Satellite atau CHEOPS pada Desember 2019. CHEOPS tidak dirancang untuk menemukan planet asing, melainkan memberi tahu para ilmuwan potret dunia.

{Baca juga: Badan Antariksa Rusia Klaim Venus Adalah “Planet Rusia”}

Dan, dalam hasil publikasi pertama misi tersebut, para ilmuwan misi CHEOPS telah melakukan tugas, membentuk gambaran terperinci tentang planet WASP-189b, yang kali pertama terdeteksi sekira dua tahun lalu atau pada 2018.

“Hasil pertama pengamatan CHEOPS sangat menarik. Hal tersebut memberi bukti definitif bahwa misi telah menemukan tujuannya,” terang Kate Isaak, ilmuwan proyek untuk CHEOPS di ESA, dalam sebuah pernyataan resmi.

Dikutip Telset.id dari Space.com, Senin (5/10/2020), pengamatan CHEOPS menunjukkan bahwa WASP-189b adalah dunia aneh yang mengorbit bintang aneh. Itulah kenapa para ilmuwan memilih untuk mempelajarinya sejak awal.

Menurut para ilmuwan berdasarkan hasil survei CHEOPS, bintang tersebut super panas. Saking panasnya, warna planet tampak biru. Planet itu sangat dekat dengan bintang yang mengorbitnya hanya dalam 2,7 hari Bumi.

{Baca juga: “Planet Pi” yang Misterius Ditemukan di Luar Angkasa}

“Hanya segelintir planet di luar angkasa yang diketahui ada di sekitar bintang sepanas dan seterang itu,” kata Monika Lendl, astrofisikawan di Universitas Jenewa di Swiss dan penulis utama studi, dalam pernyataan yang sama. [SN/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0