telset
spot_img

Forbes: Apple Merek Paling Bernilai Sejagat

Sir Jonathan Paul Ive, Chief Desainer Apple

Jakarta – Apple kembali meraih predikat sebagai ‘Merek Paling Berharga di Dunia’ (World’s Most Valuable Brand) 2013 versi majalah Forbes. Ini merupakan tahun ketiga Apple menyandang predikat tersebut secara berturut-turut.

Apple berhasil mengungguli raksasa software Microsoft yang berada di posisi kedua. Selanjutnya di peringkat tiga ditempati perusahaan minuman ringan Coca-Cola, kemudian diikuti IBM, dan Google di posisi keempat.

Keberhasilan Apple menjadi merek paling berharga di dunia selama tiga tahun berturut-turut karena perusahaan dari Cupertino ini sangat royal membelanjakan budget iklannya. Apple menghabiskan sekitar USD10 juta untuk setiap USD10 juta brand value.

Sebagai pembanding, Samsung yang adalah merupakan pesaing utama Apple hanya menghabiskan belanja iklan sebesar USD 149 juta untuk setiap USD1 juta brand value.

Forbes mengungkapkan, untuk menentukan peringkat, mereka menggunakan cara perhitungan yang didasarkan pada formula pendapatan perusahaan selama tiga tahun, harga saham, average price-to-earning ratio pada periode yang sama.

Dengan memperhitungkan seluruh faktor tersebut, brand value Apple senilai USD 104,3 miliar. Sementara Microsoft yang berada di posisi kedua memiliki nilai USD 56,7 miliar, atau hanya setengahnya dari nilai yang dicapai Apple

Sementara itu, seperti dikutip telsetNews dari PhoneArena, Jumat (8/11), selain Apple, Forbes juga mencatat ada beberapa perusahaan teknologi yang berhasil masuk dalam daftar 10 besar, yakni Samsung dan Intel

Sedangkan perusahaan non-teknologi yang berhasil masuk 10 besar, selain Coca-Cola, adalah McDonalds’s, General Electric dan perusahaan fashion ternama Louis Vuitton.

Well, keberhasilan Apple menjadi merek paling berharga di dunia selama tiga tahun berturut-turut ini setidaknya bisa menjaga gengsi mereka terhadap pesaing beratnya Android. Secara market share, Android memang lebih unggul, namun dari sisi brand ternyata Apple lebih kuat.

Anda ingin tahu 100 perusahaan yang masuk dalam daftar World’s Most Valuable Brand? Silahkan lihat daftar lengkapnya di sini. [HBS]

World’s Most Valuable Brand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0