Flagship LG & Apple akan Gunakan Chip Buatan Samsung

Samsung chip LPDDR4 RAMJAKARTA – Penjualan smartphone Samsung memang sedang kurang menggembirakan. Meski begitu, raksasa eletronik asal Korea Selatan ini masih bisa menambah pundi-pundinya dari unit bisnis chip mobile yang bakal meraup untung besar di tahun 2015 ini.

Korea Times melaporkan bahwa Samsung baru saja sukses menandatangani kesepakatan kerjasama untuk menjadi pemasok utama dari chip mobile LPDDR4 RAM untuk Apple dan LG.

Meski tidak menyebutkan nilainya, namun kesepakatan bisnis itu dipercaya mendatangkan keuntungan miliaran dollar bagi Samsung. Yang menarik dan menjadi pertanyaan banyak pihak adalah, apakah kerjasama ini akan langgeng. Karena seperti diketahui, hubungan ketiga perusahaan ini bisa dibilang tidak terlalu harmonis.

Well, tapi yang pasti dengan kesepakatan tersebut, Samsung kini akan menjadi satu-satunya pemasok kebutuhan mobile DRAM untuk LG G4 yang kabarnya siap diumumkan di bulan April mendatang.

Begitupun dengan Apple, meski keduanya kini tengah bersaing ketat dengan flagship jagoan barunya, namun Samsung dipastikan bakal ketiban rezeki nomplok sebagai pemasok chip terbesar bagi iPhone 6s, dimana perusahaan Korea itu akan menerima pesanan sebanyak 50% dari total iPhone 6s yang diproduksi selama tahun 2015.

Korea Times juga melansir bahwa dalam kesepakatan tersebut dicantumkan klausul khusus yang memungkinkan Apple untuk mendapat jatah pasokan chip RAM yang lebih banyak ketimbang Samsung, tergantung respon pada saat nanti setelah dirilis.

Kontrak kerjasama antara Samsung dengan Apple dan LG akan berlaku paling tidak selama 1 tahun. Dengan begitu, sudah hampir bisa dipastikan nantinya tiga produk flagship smartphone di tahun 2015 ini akan menggunakan chip LPDDR4 RAM buatan Samsung, yakni iPhone 6s, LG G4, dan pastinya Galaxy S6.

Meski mendapat banyak pesanan dari dua pabrikan raksasa, namun pihak Samsung optimis bisa memenuhi pesanan tersebut. Bahkan seorang petinggi Samsung berani sesumbar pihaknya tidak akan menemui kesulitan untuk memenuhi tingginya jumlah pesanan karena kapasitas produksi pabrik chip mereka masih cukup.

Chip LPDDR4 8Gb buatan Samsung menarik perhatian banyak pabrikan ponsel karena sudah mulai menggunakan teknologi 20nm, yang membuat performanya lebih bagus ketimbang chip buatan SK Hynix yang masih menggunakan teknologi 25nm. Apple dan LG sebelumnya merupakan pelanggan tetap SK Hynix.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI