Fitur April Mop Google Berujung Protes

Telset.id, Jakarta – Google merupakan salah satu perusahaan yang setiap tahun merayakan April Mop dengan membuat fitur-fitur baru pada layanan mereka untuk “mengerjai” penggunanya. Namun di tahun ini Google sepertinya lagi apes, karena goyonan April Mop yang mereka buat justru berujung protes dari penggunanya.

Seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (2/4/2016), pada April Mop tahun ini, Google membuat fitur baru berupa tombol Mic Drop yang ditambahkan pada aplikasi Gmail. Tombol baru ini dikatakan dapat berfungsi sebagai tombol ‘send’ untuk mengirimkan email.

Tombol ‘Mic Drop’ tersebut diletakkan bersebelahan dengan tombol send yang biasanya ada di aplikasi Gmail. Dengan begitu, besar kemungkinan pengguna yang kurang teliti akan mengklik tombol send “jebakan” tersebut. Padahal jika tombol Mic Drop itu diklik, maka pesan yang terkirim adalah animasi GIF ‘mic drop’ dari film animasi Minions.

Niat Google mengerjai penggunanya di hari April Mop sepertinya berjalan sesuai rencana, karena tombol palsu itu ternyata berhasil mengecoh para pengguna Gmail.

Namun alih-alih membuat penggunanya senang atau terhibur dengan guyonan April Mop-nya, Google justru dibanjiri protes dari pengguna Gmail. Lewat forum Google, raksasa Internet itu mendapat berbagai keluhan bernada protes dari pengguna yang merasa terganggu dan dirugikan dengan “fitur baru” tersebut.

Keluhan yang disampaikan nampaknya tak main-main, karena beberapa dari pengguna mengatakan telah kehilangan pekerjaan karena animasi GIF Mic Drop yang dibuat Google.

“Mic Drop ini mungkin hal paling bodoh yang Anda lihat. Saya telah mengikuti tahapan wawancara pada sebuah perusahaan selama 3 bulan, dan pagi ini saya membalas email ke kepala HRD perusahaan tersebut. Dan apa yang terjadi? HRD itu mengatakan kenapa Anda melakukan itu? (mengirim GIF animasi Minions),” tulis seorang pengguna bernama Abdus Salam.

Salam mengaku dia akhirnya batal diterima bekerja di perusahaan baru yang akan mempekerjakannya mulai Senin minggu depan, hanya gara-gara balasan email tersebut.

Sementara itu, pengguna lain bernama Allan Pashby yang berprofesi sebagai penulis lepas dan sedang ada deadline untuk sebuah tulisannya juga mengaku dipecat oleh bosnya yang marah mendapat kiriman email Mic Drop Minions.

“Terima kasih kepada Mic Drop. Saya baru saja kehilangan pekerjaan saya,” tulis Pashby di forum Google.

Dia menceritakan telah mengirimkan artikel kepada atasannya, tapi tak pernah mendapatkan balasan. Pashby tidak menyadari kalau balasan email yang ia kirim tadi tak hanya berisi artikel yang telah dikoreksi, tapi juga ada tambahan animasi mic drop yang seperti menyindir bosnya.

Pashby baru menyadarinya setelah mendapat pesan suara yang dipenuhi kemarahan dari bosnya karena merasa tersinggung dengan sindiran mic drop. Pashby mengaku kini kehilangan pekerjaannya.

Melihat banyaknya protes yang diajukan penggunanya, Google pun langsung menghilangkan tombol Mic Drop tersebut, dan menyampaikan permintaan maaf kepada para pengguna mereka.

“Nampaknya kami telah menipu diri sendiri tahun ini. Karena adanya bug, fitur April Mop kami secara tak sengaja telah menyebabkan kemarahan daripada tawa. Kami mohon maaf sebesar-besarnya,” tulis Google dalam pernyataannya. Sayangnya, Google tidak menjelaskan bug apa yang mereka maksud. [HBS]

Google April Mop protes

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI