LinkAja Akuisisi iGrow, Perluas Layanan ke Sektor UMKM

Telset.id, Jakarta – Pada kuartal ke-2 tahun ini, LinkAja membuat kejutan dengan akuisisi perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) PT iGrow Resources Indonesia. Langkah akuisisi ini bertujuan untuk memperluas layanan ke sektor UMKM.

Menurut Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja, akuisisi iGrow merupakan upaya LinkAja untuk memperluas layanan dan memberikan kemudahan akses keuangan di sektor UMKM.

Kemudahan akses keuangan, khususnya pembiayaan kepada UMKM dinilai sangat penting. Alasannya, pelaku UMKM merupakan salah satu tulang punggung perputaran ekonomi di Indonesia.

{Baca juga: Toko Kelontong SRC Bisa Bayar Pakai Aplikasi LinkAja}

“Perluasan lini usaha di bidang pembiayaan merupakan langkah nyata LinkAja dalam memberikan kemudahan akses keuangan dan ekonomi, terutama kepada masyarakat kelas menengah ke bawah serta UMKM,” ujar Haryati.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pelaku UMKM saat ini sudah mencapai 64 juta dengan pertumbuhan 2,02% setiap tahunnya. Akan tetapi, UMKM masih kurang mendapatkan informasi seputar akses pembiayaan untuk pengembangan usaha.

Demi mengatasi masalah tersebut, LinkAja melakukan langkah akuisisi iGrow karena perusahaan fintech P2P ini memiliki visi dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendukung segmen menengah ke bawah terutama kelompok produktif.

“Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan UMKM melalui kemandirian ekonomi,” sambung Haryati.

Upaya LinkAja dalam memberikan kemudahan akses pembayaran akan dilakukan di secara merata di berbagai daerah seperti di luar pulau Jawa serta kota tier 2 dan 3. Hal ini sejalan dengan tujuan LinkAja untuk mendorong inklusi keuangan serta kemandirian ekonomi.

{Baca juga: Warga Kota Ambon Sekarang Bisa Belanja Pakai LinkAja}

“Didukung jaringan ekosistem LinkAja yang kuat di berbagai daerah di luar pulau Jawa serta kota tier 2 dan 3, LinkAja berharap dapat memberikan pemerataan akses pembiayaan terhadap pelaku UMKM,” kata Haryati.

LinkAja Dukung UMKM dengan Akuisisi iGrow

Akuisisi iGrow oleh LinkAja disambut baik oleh Direktur Pengembangan Bisnis iGrow, Jim Oklahoma. Menurutnya, kolaborasi kedua perusahaan dapat membantu pelaku UMKM untuk tetap tumbuh walau pandemi Covid-19 masih terjadi.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan LinkAja yang memiliki kesamaan tujuan dengan iGrow, yaitu untuk dapat memperkuat perekonomian Indonesia dengan mendukung pertumbuhan UMKM,” jelas Jim.

LinkAja Akuisisi iGrow
LinkAja melakukan aksi korporasi di kuartal ke-2 2021 dengan mengakuisisi salah satu perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) lending yang telah terdaftar di OJK bernama PT iGrow Resources Indonesia (iGrow).

Jim menilai bahwa LinkAja merupakan perusahaan yang memiliki fundamental bisnis kuat dengan kolaborasi pemegang saham antara BUMN dan perusahaan teknologi besar.

{Baca juga: LinkAja Terima Dana Investasi dari Gojek}

“Hal ini akan mempercepat visi dan misi iGrow untuk memberikan impact ke UMKM dan dapat menjadikan iGrow sebagai salah satu pemain utama di bidang pembiayaan sektor produktif” tutup Jim.

Diharapkan akuisisi yang dilakukan LinkAja dapat memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM. Terlebih, LinkAja merupakan layanan keuangan digital yang telah memiliki lebih dari 68 juta pengguna dan bekerja sama dengan ratusan ribu merchant lokal dan nasional. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -