Facebook Matikan Versi Ringan dari Aplikasi, Alasannya?

Telset.id, Jakarta  – Facebook matikan versi ringan dari aplikasi. Kabar ini terkuak setelah beberapa pengguna Facebook Lite dari Brasil mendapat pemberitahuan. Isinya memberi tahu bahwa aplikasi telah dinonaktifkan.

Facebook menghadirkan Facebook Lite untuk memberi akses kepada warga di beberapa wilayah dengan populasi padat tetapi tidak mampu membeli smartphone mumpuni serta minim akses ke internet cepat dan stabil.

Sayang, dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Kamis (13/8/2020), Facebook tampaknya memutuskan untuk tidak lagi menghadirkan aplikasi itu. Beberapa pengguna Facebook Lite dari Brasil menyadari itu.

{Baca juga: WFH Sampai 2021, Karyawan Facebook Dapat Kompensasi Rp 14,5 Juta}

Ketika coba meluncurkan versi ringan dari aplikasi Facebook, pengguna mendapatkan pesan pemberitahuan. Isinya memberi tahu mereka bahwa aplikasi tersebut telah dinonaktifkan. Lantas, bagaimana penjelasan pihak Facebook?

Juru bicara Facebook mengatakan bahwa kurangnya adopsi telah membuat perusahaan memutuskan untuk berhenti mendukung aplikasi itu. “Kami tidak lagi mendukung Facebook Lite untuk iOS,” ujarnya.

Pada 2017 lalu, perusahaan mengklaim bahwa Facebook Lite memiliki 200 juta pengguna bulanan. Kemudian, setahun berselang, ada lebih dari satu miliar unduhan Facebook Lite untuk perangkat berbasis Android.

Namun, mungkin selama bertahun-tahun jumlah pengguna aktif menurun. Lewat keputusan mengejutkan tersebut, Facebook akhirnya matikan versi ringan dari aplikasi, dan meminta kepada pengguna iOS untuk kembali ke Facebook Lite versi reguler.

{Baca juga: Setelah Android, Giliran iOS Kedatangan Facebook Lite}

Facebook Lite hadir untuk membantu pengguna yang ingin meminimalisasi penggunaan kuota data. Versi ringan dari Facebook ini menawarkan berbagai keuntungan bagi mereka yang ingin berhemat. Tak hanya penggunaan data saja yang menjadi jauh lebih sedikit, ruang penyimpanan internal juga bisa dihemat.

Facebook Lite sendiri dihadirkan Facebook untuk pasar negara-negara berkembang. Dimana di negara tersebut pembelian paket data relatif mahal dibanding rata-rata pendapatan.

Facebook Lite resmi rilis pada 2015 lampau di beberapa negara berkembang. Belum lama ini, Facebook menyatakan bakal segera menghadirkan Facebook Lite di negara-negara maju, termasuk Amerika Serikat (AS). [SN/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here