Facebook ‘Asah Digital’ Warganet Biar Bijak di Sosmed

Telset.id, Jakarta Facebook meluncurkan program terbaru bernama Asah Digital. Program ini dibuat untuk meningkatkan literasi digital di Indonesia, dan mengajak masyarakat agar bisa lebih bijaksana dalam berperilaku di sosial media (sosmed).

Menurut Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari, Program Asah Digital hadir untuk meningkatkan literasi digital di Indonesia. Program tersebut akan hadir di 12 Provinsi di Indonesia dan mulai dilakukan pada tahun 2020 mendatang.

{Baca juga: Facebook Hapus Miliaran Akun Palsu dan Pelecehan Anak}

“Asah digital bertujuan untuk meningkatkan kesadaran literasi digital masyarakat Indonesia secara luas,” ujar Ruben di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Ruben menambahkan jika ada 3 pihak yang menjadi fokus dari Program ini yakni Siswa, Guru dan Orangtua. Mereka bertiga akan mendapatkan pelatihan lewat 6 modul yang berbeda.

Modul pertama berjudul “Apa yang dimaksud dengan internet?”, kedua berjudul “Jejak Digital Anda,” kemudian ketiga “Melindungi Identitas Digital Anda” dan keempat adalah “Anda Sebagai Seorang Warga Anda”. Kelima adalah “Jadilah Pemikir yang Kritis” dan modul keenam diberi judul “Tips untuk Mengenali Berita Palsu,”.

“Materi dalam modul ini seperti bagaimana mengenal internet, isu-isu data pribadi, mengenal misinformasi berita palsu dan konten-konten lainnya di sosial media,” kata Ruben.

{Baca juga: Terkait Blokir Hoaks, Menkominfo: Facebook Sulit Diajak Kerjasama}

Asah Digital adalah bagian dari Program “We Think Digital” dari Facebook yang telah hadir di 9 Asia Pasifik dan sudah diikuti oleh 2 juta orang. Indonesia sendiri adalah negara kesepuluh yang menjalankan program ini.

Di Indonesia, Facebook bekerja sama dengan Siberkreasi, Yayasan Cinta Anak Bangsa dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).  Peluncuran tersebut juga dihadiri oleh Menkominfo Johnny G. Plate.

“Kami berharap program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan literasi digital mereka serta ketrampilan dalam mendapatkan informasi yang aman di ranah online,” tutup Ruben. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI