Facebook akan Produksi Chip Sendiri, Untuk Apa?

Telset.id, Jakarta – Facebook sedang mencari kandidat untuk diposisikan sebagai manajer perusahaan perakitan perangkat lunak. Facebook berencana akan memproduksi chip sendiri sehingga tak lagi bergantung kepada Qualcomm.

Menurut The Verge, Facebook tengah membangun tim khusus untuk merealisasikan rencana itu. Dengan orang-orang berkompeten, Facebook ingin menjadi raksasa teknologi baru dengan lompatan awal membuat perusahaan perakitan tersebut.

Sebelum Facebook, beberapa perusahaan teknologi lebih dulu menjalankan hal serupa. Apple, misalnya, sudah memiliki chip sendiri yang tertanam di perangkat iOS besutannya. Tak lama lagi, prosesor Intel di komputer Mac akan diganti dengan prosesor buatan Apple.

Google pun demikian. Raksasa teknologi tersebut memproduksi chip berkecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI).  Tak mau kalah, Amazon dikabarkan sedang mengembangkan chip untuk meningkatkan kecerdasan AI Alexa.

Nah, Facebook ingin mengikuti jejak mereka. Nantinya, tim yang dibentuk bakal menggarap chip seperti milik Google dan Amazon, yakni berteknologi AI. Meski sedang dirundung masalah, Mark Zuckerberg cs rupanya tetap konsentrasi dengan proyek itu.

Zuckerberg telah mengatakan bahwa AI akan memainkan peran yang lebih besar dalam menandai konten yang tidak pantas di jejaring sosial. Dan, Facebook membutuhkan chip yang mampu menjalankan teknologi tersebut guna memperbaiki platform.

Baca juga: Terjerat Skandal, Dominasi Facebook Segera Tamat?

Sayang, publik kadung sinis terhadap Facebook. Mereka justru kian khawatir keputusan Facebook membuat chip untuk perangkat komersil malah bakal membuat masalah yang lebih besar. Jangan-jangan, Facebook jadi lebih leluasa mencaplok data pengguna? [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here