Emma Sri Martini, “New Kid on the Block” yang Jadi Bos Telkomsel

Telset.id, Jakarta – PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) resmi mengangkat Emma Sri Martini sebagai Direktur Utama (Dirut) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Rabu (29/05), menggantikan Ririek Adriansyah, yang mendapat tugas baru sebagai Dirut Telkom. Banyak yang bertanya-tanya, siapa Emma Sri Martini?

Nama Emma masih asing di lingkup Telkom Group, khususnya Telkomsel. Wanita kelahiran Majalengka 22 Maret 1970 ini memang menjalani karirnya di luar operator seluler terbesar di Indonesia itu.

Emma adalah jebolan sarjana Teknik Informatika dari Institute Teknologi Bandung (ITB) tahun 1993. Setelah lulus ia memulai karirnya di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia sejak tahun 1993 hingga 1998.

Di perusahaan tersebut, ia menjabat sebagai Assistant Manager End User Support Department dan Head of System Development Department. Pada Agustus 1998, Emma pindah kerja ke Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) hingga tahun 2004.

{Baca juga: Emma Sri Martini Resmi Jadi Dirut Telkomsel}

Emma sempat menempati posisi sebagai Head System Development Department dan Head System and Support di BPPN. Tugasnya adalah mengoptimalkan dukungan teknologi informasi untuk memenuhi proses operasi bisnis termasuk pengembangan aplikasi sistem, rekayasa ulang proses bisnis, dukungan infrastruktur dan juga membantu untuk mengembangkan prosedur operasi standar.

Lalu Emma juga sempat menjabat sebagai Director of Finance and Support PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) dari 2004 hingga 2009. Selanjutnya, ia ditunjuk sebagai Komisaris di PT Trans Pacific Petrochemical Indotama di periode yang sama.

Karirnya semakin melesat saat pindah ke PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dengan menduduki jabatan sebagai Presiden Direktur sejak 23 Februari 2009. Di perusahaan ini dia bertugas mengawasi keseluruhan operasi termasuk pengembangan strategi jangka panjang dan pengawasan soal kepatuhan yang ketat terhadap praktik tata kelola perusahaan.

{Baca juga: Telkomsel Raih Penghargaan “Most Innovative Approach to Mobile Security”}

Selain bekerja, Emma memiliki hobi jalan-jalan, menonton film, dan membaca majalah atau artikel yang berhubungan dengan bisnis. Saat ini Emma mengembang tugas yang cukup berat sebagai Dirut Telkomsel. Meski menjadi “new kid on the block”, namun patut kita memberikan dukungan kepadanya. Welcome to Telkom Group, bu Emma. Semoga sukses! [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here