eBay Ogah Barang Dagangan “Proud Boys” Nongol di Situs

Telset.id, Jakarta – eBay menegaskan bahwa perusahaan akan secara tegas menghapus semua barang dagangan yang berafiliasi dengan kelompok milisi sayap kanan bernama Proud Boys.

Melalui akun Twitter, eBay menyatakan bahwa semua barang dagangan yang berafiliasi dengan kelompok ekstremis mirip pola geng, termasuk kaus oblong, akan enyah dari situs.

Dikutip Telset.id dari New York Post, Sabtu (3/10/2020), juru bicara eBay mengatakan bahwa perusahaan memiliki “kebijakan jangka panjang untuk mengelola pasar dan melarang materi ofensif.

{Baca juga: Duh! Enam Eks Karyawan eBay Lecehkan Jurnalis}

“Sejalan dengan kebijakan tersebut, kami menghapus item di pasar yang secara eksplisit merujuk kepada gambar atau judul Proud Boys, yang mempromosikan kebencian dll,” kata pihak eBay.

November 2018 lalu, Facebook melarang semua akun yang berhubungan dengan Proud Boys, kelompok ekstrem kanan yang kerap terlibat tindakan kekerasan politik di Amerika Serikat.

Facebook menyebut, kelompok itu kerap terlibat dengan organisasi atau tokoh kebencian. Keputusan Facebook diambil menyusul insiden di New York, AS, pada awal Oktober 2018.

Kala itu, para anggota Proud Boys terlibat dalam serangan kekerasan terhadap para pengunjuk rasa.

Kelompok milisi sayap kanan menggambarkan anggotanya sebagai “Chauvenists Barat”. Mereka telah dilarang eksis di Twitter sejak Agustus 2018. Karenanya, mereka beralih memakai Facebook untuk merekrut anggota.

{Baca juga: Facebook Larang Akun Kelompok Ekstrem Kanan Proud Boys}

“Proud Boys mengoperasikan jaringan secara sangat canggih untuk mendapatkan anggota baru. Mereka berevolusi. Selain melarangnya, kami juga terus meninjau konten dan mengambil tindakan terhadap pidato kebencian guna menjaga kondusivitas,” kata Facebook.

Para anggota kelompok milisi sayap kanan yang terlibat dalam serangan kekerasan terhadap para pengunjuk rasa pun ditangkap kepolisian. Selain Facebook, Proud Boys dilarang eksis di Twitter sejak Agustus 2018. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here