Dulu Nge-Blokir, Kominfo Kini Malah Ikutan Main TikTok

Akun Tiktok Kominfo
Plt. Kabiro Humas Kominfo Ferdinandus Setu (Naufal/Telset.id)

Telset.id, Jakarta – Setelah beberapa waktu lalu sempat memblokir TikTok, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kini malah diketahui ikutan main TikTok. Diungkapkan Plt. Kabiro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, pembuatan akun pada platform tersebut bukan tanpa alasan.

Pria yang akrab disapa Nando itu mengakui jika dahulu Kominfo memang sempat melakukan pemblokiran terhadap TikTok, tepatnya pada 3 Juli 2018. Saat itu alasannya karena banyak konten negatif di platform asal Beijing, China tersebut.

“Kominfo sempat memblokir satu minggu doang TikTok, awalnya karena isu terkait konten. Kemudian langkah yang dilakukan tim TikTok Indonesia, begitu luar biasa,” katanya pada Selasa, (11/02/2020) di Jakarta.

{Baca juga: TikTok Bantu Warganet Melawan Cyber Bullying}

Menurut Nando, TikTok ketika itu langsung membersihkan konten-konten negatif di platform dan menyiapkan tim untuk memantau konten di dalamnya. Alhasil, Kominfo pun mencabut pemblokiran dan hingga kini platform tersebut termasuk aman dari konten negatif.

“Hanya 1 pekan mereka menyiapkan segala sesuatunya. Termasuk memastikan setiap konten yang diposting di TikTok itu nyaman, aman dan sesuai dengan regulasi di Indonesia. Sampai hari ini TikTok aman,” tambah Nando.

Selanjutnya pada April 2019 Kominfo pun membuat akun di TikTok dengan nama kemkominfo. Nando mengaku jika banyak warganet yang mencibir alasan kominfo membuat akun tersebut. Namun Nando beralasan jika Kominfo telah memiliki banyak akun di media sosial lain, termasuk TikTok.

{Baca juga: Kominfo Gelar Seleksi Nasional TIK 2020, Ini Kategorinya}

“Kominfo sudah punya akun di Twitter, Youtube, di Facebook, dan digital platform lain. Kenapa tidak di Tiktok?,” tanya Nando.

Sebelumnya akun Tiktok Kominfo menjadi perbincangan di Twitter. Kasus ini bermula ketika akun @deroswunga pada Rabu (22/01/2020). Postingan tersebut memperlihatkan sikap berbeda dari Kominfo terkait platform video singkat tersebut. Hingga kini akun milik kominfo telah memiliki 2299 pengikut dan 32 video.

“from this to this,” cuit @deroswunga.

Previous articleMasih Wabah Corona, Foxconn Buka Lagi Pabrik iPhone di China
Next articleKonten Porno Marak di Twitter, Kominfo: Beda Sistem Hukum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here