Dua Profesor Ini Ciptakan Gelang Ultrasonik “Pengacau” Amazon Echo

Telset.id, Jakarta – Speaker pintar macam Amazon Echo memiliki mikrofon yang selalu menyala agar bisa merespon dengan cepat saat diberi perintah oleh pengguna. Namun, tidak semua orang suka dengan kemampuan itu, termasuk Heather Zhang. Bersama sang suami, ia menciptakan gelang ultrasonik untuk mengacaukan mikrofon dari speaker pintar seperti Amazon Echo.

Perlu diketahui, mikrofon di speaker pintar seperti Amazon Echo yang selalu aktif membuat perangkat bisa dipanggil tanpa pengguna menekan tombol. Pengguna cukup menggunakan suara untuk mengaktifkan asisten digital di perangkat.

Hal serupa sebenarnya dirasakan oleh Heather Zhang ketika suaminya, Ben Zhao, membeli speaker Amazon Echo untuk ditempatkan di rumah. Namun, Heather tidak menyukai kenyataan bahwa mikrofon di perangkat tersebut harus selalu menyala.

{Baca juga: Duh! Siswa SD Ketahuan Kerjakan PR dengan Bantuan Alexa}

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Heather dan sang suami lalu memutuskan merealisasikan ide untuk membuat gelang bertenaga ultrasonik. Pada dasarnya, gelang ini adalah jammer audio yang dapat dikenakan di pergelangan tangan.

Baik Heather maupun Zhao adalah profesor ilmu komputer yang mengajar di University of Chicago. Dengan bantuan asisten profesor, mereka menciptakan gelang  yang memiliki 24 speaker yang dapat memancarkan sinyal ultrasonik.

{Baca juga: Bayi Bernama Caroline Ini Hanya Merespon kalau Dipanggil “Alexa”}

Sinyal ultrasonik yang dipancarkan oleh gelang itu cukup kuat untuk menyumbat atau mengacaukan kinerja mikrofon di sekitarnya, termasuk Amazon Echo miliknya. Namun demikian, perlu diketahui bahwa gelang yang mereka buat hanyalah sebagai prototipe.

Kendati begitu, penciptanya percaya dapat memproduksi gelang sinyal ultrasonik tersebut hanya dengan harga USD 20. Beberapa investor kabarnya telah mendekati mereka dengan niat mengomersialkan gelang unik itu. (SN/MF)

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI