Angkatan Darat AS Manfaatkan Gamers untuk Bikin Robot Militer

Robot Militer

Telset.id, Jakarta – Untuk mengembangkan robot militer, Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) pun mempelajari otak para gamers ketika bermain game. Mereka mempelajari gelombang otak dan gerakan mata gamers untuk membuat Artificial Intelligence (AI) di robot militer.

US Defense Advanced Research Projects atau yang dikenal sebagai DARPA, memberikan penghargaan kepada tim Artificial Intelligence Institute dari University of Buffalo berupa dana sebesar USD 316 ribu atau setara Rp 4,3 miliar untuk kebutuhan penelitian.

Para peneliti di tim tersebut menilai bahwa manusia memiliki banyak potensi untuk meningkatkan sistem pembelajaran berbasis AI. Merekapun akhirnya melakukan studi terhadap 25 gamers yang kerap bermain game dengan genre strategi.

{Baca juga: Ancaman Psikologis Mengintai Pemakai Robot Seks}

Beberapa game seperti StarCraft, Stellaris, dan Company of Heroes menjadi game yang masuk ke dalam penelitian. Nantinya, hasil pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan hingga 250 robot udara dan darat guna bekerja dalam situasi yang sangat kompleks. Sebagai misal kasus kehilangan penglihatan secara tiba-tiba.

Robot Militer

“Robot harus dapat berkomunikasi secara efektif dan beradaptasi dengan tantangan seperti itu,” kata peneliti utama, Souma Chowdhury yang juga menjabat sebagai asisten profesor teknik mesin dan kedirgantaraan dari School of Engineering and Applied Sciences.

{Baca juga: Shudu, Wanita Cantik nan Seksi yang Bikin Heboh Instagram}

Seperti dilansir New York Post, saat gamers bermain, para peneliti akan merekam semua keputusan, melacak pergerakan mata menggunakan kamera berkecepatan tinggi dan menonton aktivitas otak melalui electroencephalograms.

Data tersebut, seperti dikutip Telset.id, Senin (17/02/2020), kemudian akan digunakan untuk membangun algoritma kecerdasan buatan yang memandu perilaku robot udara dan darat. “Kami tidak ingin sistem AI hanya meniru perilaku manusia,” ujarnya. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here