Dropbox Gandeng G Suite untuk Permudah Akses di ‘Awan’

Telset.id, Jakarta – Dropbox resmi menjalin kerja sama dengan Google. Ke depan, pengguna Dropbox yang juga memakai layanan G Suite bakal semakin mudah dalam mengoptimalkan penggunaan rangkaian alat di layanan komputasi awan

Menurut Tech Crunch, kerja sama Dropbox dan Google meliputi tiga fokus. Pertama adalah membuat konten terpusat. Nantinya, pengguna G Suite bisa membuat, membuka, mengedit, menyimpan, serta membagikan Google Docs, Sheets, dan Slides secara langsung lewat Dropbox.

Pun demikian, ketika melakukan aktivitas via Dropbox, pengguna G Suite bisa menyimpan dokumen Google Docs, Sheets, dan Slides secara langsung ke akun Dropbox.

Kemudian, fokus kedua adalah membuat kolaborasi secara aman. Admin akun Dropbox Business bisa mengelola Google Docs, Sheets, dan Slides seperti beragam konten yang ada di Dropbox.

Lantas fokus ketiga adalah membuat komunikasi lebih efektif. Kerja sama itu membawa integrasi Dropbox ke layanan Gmail dan Google Hangouts Chat.

Ke depan, pengguna bisa memilih dokumen dari akun Dropbox dan mengirim tautan a secara langsung ke Gmail dan Google Hangouts Chat. Add-on di Gmail juga akan memberi kemudahan untuk mengedit dokumen.

Add-on di Gmail pun bisa untuk melihat data terakhir akses dokumen. Google Hangouts Chat akan menghadirkan mode preview dokumen sembari pengguna tetap bisa melakukan obrolan.

[Baca juga: Ganti “Baju”, Dropbox Tampil Lebih Ceria]

Vice President of Engineering Dropbox, Tony Lee, mengaku memang ingin menghadirkan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan pekerjaan di berbagai perangkat dengan alat yang disukai.

Jika tak ada halangan dan sesuai rencana, ia menyebut, kolaborasi Dropbox dan Google ini akan hadir pada akhir 2018 nanti. So, kita tunggu saja hasil kerjasama kedua perusahaan ini. [SN/HBS]

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI