Drone Ini Bisa Angkut Beban 9 Kg Sejauh 800 Km

Telset.id, Jakarta – Volans-i, perusahaan startup asal Amerika Serikat, merancang pesawat tanpa awak alias drone yang bisa mengirim barang berat dalam jarak cukup jauh. Bahkan, drone itu bisa mengirim sekaligus menurunkan barang ke kapal yang sedang berlayar di laut.

CEO sekaligus Co-Founder Volans-i, Hannan Parvizian, mengatakan, kemampuan drone tersebut telah diuji coba di perairan Lake Pleasant, Arizona. Sang drone lepas landas dengan membawa barang dan sukses mendarat di atas kapal yang bergerak di perairan.

Dilansir CNBC, drone Volans-i mampu melakukan perjalanan hingga 500 mil atau sekitar 800 kilometer dengan membawa kargo seberat 20 pon atau lebih kurang sembilan kilogram. Drone itu bisa menempuh kecepatan maksimal 200 mil atau sekitar 320 kilometer per jam.

Pengiriman barang dari Los Angeles ke San Francisco menggunakan drone tersebut memakan waktu tiga jam hingga empat jam. Drone menggunakan sayap layaknya pesawat, sanggup terbang dan mendarat vertikal seperti kemampuan helikopter. Tenaganya menggunakan baterai dan bahan bakar untuk propulsi.

 

Karena drone Volans-i dapat lepas landas atau mendarat di atas permukaan datar 15×15 kaki, perusahaan maupun pelanggan yang menyewa tidak perlu membangun infrastruktur khusus untuk mengirim atau menerima kargo. Selain menyewa, perusahaan maupun perorangan bisa membelinya.

Baca juga: Drone Selamatkan Dua Korban Hanyut di Laut Australia

Sayang, saat ini regulator masih mencari ramuan tepat untuk mengatur izin tentang operasional drone di wilayah udara, khususnya di ketinggian agak rendah, di Amerika Serikat. Volans-i bukan satu-satunya perusahaan yang memanfaatkan drone untuk kargo karena sebelumnya ada Zipline, Flirtey, Matternet, dan Amazon.

Sebagai tambahan informasi, sebelum membuat perusahaan startup sendiri bernama Volans-i, CEO Hannan Parvizian merupakan analis operasi di Tesla milik Elon Musk. Bekerja di perusahaan pembuat kendaraan listrik mengilhami Parvizian untuk mendirikan Volans-i bersama para rekan. [SN/HBS]

Sumber: CNBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here