UPDATE: Ada 359,8 Juta Domain Internet Aktif Tahun Ini

Telset.id, Jakarta – Selama Q3-2019, terpantau ada 359,8 juta domain internet aktif di seluruh dunia. Setidaknya, begitu laporan dari Verisign yang baru-baru ini merilis jumlah domain internet aktif yang terdaftar di 2019.

Menurut Verisign, jumlah domain internet aktif TLDs atau top-level domains naik 5,1 juta atau 1,4% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dikutip Telset.id dari CircleID, Senin (23/12/2019), nama TDL yang paling banyak didaftarkan adalah .com dengan 144 juta pendaftar.

TDL .com jauh mengungguli domain lain, seperti .tk dan .cn di posisi kedua dan ketiga dengan jumlah 25,1 juta dan 23 juta pendaftar.

{Baca juga: Daftar Negara dengan Internet Tercepat, Indonesia Urutan Berapa?}

Posisi keempat hingga keenam ditempati oleh TDL .de, .net, dan .uk dengan jumlah pendaftar 16,3 juta, 13,4 juta dan 13,3 juta. Untuk posisi lebih lengkapnya bisa lihat di grafik berikut ini :

Domain Internet

 

Kemudian untuk kategori nama domain kode negara TLD (ccTLD), terjadi pertumbuhan di setiap kuartalnya. Pada Q3-2019, terdapat 161,8 juta pendaftar, meningkat 3,1 juta atau 2% dibandingkan dengan Q2- 2019.

Data tersebut juga membuktikan adanya peningkatan sebesar 12,5 juta pendaftaran atau 8,4 persen dari tahun ke tahun. Posisi pertama ditempati oleh .tk dengan 25,1 juta pendaftar.

Domain .tk sendiri merujuk pada kode untuk sebuah Wilayah di Selandia Baru. Kode ini punya banyak peminat karena disewakan secara cuma-cuma. Posisi kedua ditempati oleh .cn yang merupakan kode dari China dengan 23 juta pendaftar.

{Baca juga: Ini Negara dengan Paket Internet Termurah dan Termahal}

Posisi ketiga hingga keenam hingga adalah .de dari Jerman, .uk dari Britania Raya, lalu .tw dari Taiwan, serta .nl dari Belanda yang memiliki 16,3 juta, 13,3 juta, 6,6 juta dan 5,9 juta pendaftar. Untuk lebih lengkap berikut daftar domain kode negara yang paling banyak pendaftarnya :

Domain Internet Kode Negara

(NM/FHP)

SourceCircleID

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI