Diperintah Ngecas Baterai, Siri Panggil 911

Siri, fitur asisten pribadi di iPhoneJAKARTA – Kecanggihan teknologi buatan manusia memang tidak menjamin akan bisa berjalan dengan sempurna. Begitupun dengan asisten virtual Siri yang dirancang sedemikian canggih oleh Apple ternyata juga bisa salah.

Kesalahan yang dibuat Siri ini dilaporkan oleh pengguna saat memberikan perintah pengisian daya iPhone. Saat itu Siri mendapat perintah untuk charging baterai hingga 100 persen oleh si pengguna

charge my phone 100 percent,” demikian perintah si pengguna, seperti dikutip telsetNews dari The Verge, Selasa (21/7/2015).

Namun alih-alih menjalankan perintah tersebut, Siri justru secara otomatis menelepon ke layanan darurat 911, dan memberikan waktu selama 5 detik kepada pengguna jika ingin membatalkannya.

Hal ini bisa terjadi diperkirakan karena kemungkinan Siri merespon kata “phone” dan “100 percent”. Karena saat pengguna mengucapkan kata “phone”, Siri langsung meresponnya dengan menelepon nomor yang akan diberikan pengguna. Dan saat pengguna kemudian mengucapkan kata “100 percent”, Siri menghubungkan pengguna ke nomor 911.

Sebagai informasi, AS menggunakan nomor tersebut sebagai nomor darurat yang bisa dihubungi jika ada masalah keamanan di masyarakat, seperti untuk memanggil polisi dan ambulans.

Kesalahan ini diduga karena adanya bug Siri di iOS. Karena saat dicoba menggunakan kata lain seperti “560 percent”, Siri juga meresponnya dengan menghubungkan iPhone ke nomor telepon 560.

Hingga kini belum ada tanggapan dari pihak Apple terkait laporan tersebut. Namun jika melihat pengalaman sebelumnya, Apple biasanya selalu cepat memberikan update untuk memperbaiki bug.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI