Di Venezuela, iPhone 6 Dijual Rp 600 Jutaan

iPhone 6 dusJAKARTA – Apakah Anda pernah membayangkan harga sebuah iPhone setara dengan harga mobil mewah? Meski nampaknya mustahil, namun hal itu benar-benar terjadi di Venezuela, dimana iPhone 6 dibanderol seharga Rp 600 jutaan, woww..!

Di Indonesia, harga sebuah iPhone 6 sudah cukup menguras kantong, yakni sekitar Rp 10 jutaan. Tapi Anda harus bersyukur karena tidak tinggal di Venezuela, karena di sana harga sebuah iPhone 6 setara mobil mewah Toyota Alphard.

Venezuela memang sedang mengalami krisis moneter yang sangat parah. Tingkat inflasi di negara tersebut merupakan yang tertinggi di dunia, yakni mencapai 69%. Akibatnya, kas negara terkuras dan persediaan mata uang dollar menipis, nilai barang-barang elektronik yang diimpor pun semakin melambung tinggi.

Alhasil, di Venezuela jangan harap bisa melihat iPhone dimiliki oleh masyarakat kebanyakan, karena di sana iPhone hanya bisa dimiliki oleh orang yang berkantong tebal alias memiliki kekayaan yang berlimpah.

Bagaimana tidak, seperti dilaporkan Bloomberg, di negara yang memiliki jumlah penduduk tak lebih dari 30 juta jiwa itu harga sebuah iPhone 6 bisa dipatok hingga lebih dari USD 47 ribu atau sekitar Rp 600 jutaan.

Ada dua penyebab kenapa harga smartphone di Venezuela menjadi sangat mahal. Pertama karena jumlah pasokan smartphone di negara itu menjadi sangat terbatas, dan Kedua, karena inflasi yang makin tidak terkendali dan mencapai titik tertinggi.

Saat ini ada dua jenis nilai tukar bolivar (mata uang Venezuela) terhadap dolar AS, yakni satu kurs menggunakan nilai tukar 6,3 bolivar untuk tiap dolar, dan kurs satunya mematok 12 bolivar untuk setiap dolar.

Keadaan makin diperparah karena nilai tukar bolivar di pasar gelap kini sedang terpuruk dimana USD 1 setara dengan 456 bolivar. Hal inilah yang membuat harga iPhone 6 menggila hingga mencapai Rp 600 juta (jika dikonversikan dengan nilai tukar resmi).

Saat ini harga smartphone kelas menengah dibanderol seharga 17 ribu bolivar, atau setara dengan 2,3 bulan gaji karyawan dengan upah minimum. Untuk iPhone 6, harganya mencapai 300 ribu bolivar. Tapi jika dihitung dengan nilai tukar terendah (456 bolivar untuk tiap USD 1), maka nilainya setara dengan USD 657 alias harga iPhone 6 versi unlocked di Amerika Serikat.

Akibat krisis yang melanda Venezuela telah membuat smartphone kelas atas menjadi barang mewah di negara tersebut. Alhasil, dilaporkan telah terjadi banyak kasus perampokan ponsel.

Salah satu korban perampokan dialami oleh Maria Veronica Fernandez, yang kehilangan smartphone Samsung Galaxy S4. Maria mengungkapkan, ia tak hanya kesal karena smartphone kesayangannya dirampok, tapi juga dia mengalami kesulitan untuk membeli ponsel baru karena barangnya sangat langka.[HBS]

 

SourceBloomberg

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI