Denny Siregar Ancam Gugat Telkomsel dan Kominfo Terkait “Cyber Teroris”

Denny Siregar gugat telkomsel

Telset.id, Jakarta – Penulis Denny Siregar ancam gugat Telkomsel dan Kementerian Komunikasi dan Informatiksa (Kominfo). Penyebabnya, ia merasa data pribadi miliknya telah bocor di internet.

Penggiat media sosial Deni Siregar ancam gugat Telkomsel dan Kominfo yang dilayangkan melalui laman Facebook pribadinya pada Minggu (06/07/2020).

Ia mempertanyakan keamanan data pengguna pada kebijakan registrasi kartu prabayar yang dilakukan pemerintah sejak tahun 2018 lalu.

{Baca juga: Kominfo: Data Center Nasional Selesai Tahun Ini}

“Tapi ternyata sistem kita sangat rentan, sehingga data diri kita bisa diambil oleh orang lain. Ini sangat berbahaya,” tulis Denny.

Pada postingannya, Denny melampirkan screenshot akun Twitter @opposite6891 yang menampilkan data pribadinya.

Menurutnya, data tersebut bersifat pribadi dan ia tidak pernah memberikan data tersebut kepada pihak lain selain pemerintah dan operator.

“Bayangkan, akhirnya mereka tahu dimana rumah kita, siapa keluarga kita, apa kebiasaan kita. Dan itu ada bisa ada ditangan orang berbahaya, seperti teroris. Nyawa kita bisa terancam karena data kita telanjang,” tambah Denny.

Denny Siregar gugat Kominfo Telkomsel

Lebih lanjut, Denny menyatakan dengan tegas bahwa kasus ini merupakan “cyber teroris”, di mana terdapat sekelompok oknum yang menyebarkan data pribadi seseorang tanpa izin. “Kita jadi rentan. Ini bisa dibilang Cyber Teroris,” tegasnya.

Denny pun tak ragu untuk mengambil langkah hukum. Penulis asal Medan tersebut berencana untuk gugat Kominfo dan Telkomsel karena tidak dapat menjaga data pribadinya sehingga jatuh ke tangan pihak lain.

“Karena itu, saya rencana mau menggugat Telkomsel dan Kominfo karena data saya bisa disebarkan ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Biarkan saya jadi contoh,” tambahnya.

Ia menuturkan, gugatan ini adalah hak sebagai warga negara sehingga harus diperjuangkan. Denny juga telah siap menerima apapun resikonya.

{Baca juga: Masuki New Normal, Pengguna Telkomsel Makin Rajin Internetan}

“Hak kita sebagai warga negara harus dapat perlindungan. Dan negara harus bertanggung jawab terhadap keamanan warganya. Perjuangan masih panjang. Kita bongkar siapa di dalamnya,” tutup Denny. (NM/MF)

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here