Chip Apple A16 Unjuk Performa di AnTuTu, Skor GPU Naik 28%

Telset.id, Jakarta – Sebelumnya dikabarkan hasil skor iPhone 14 Pro Max dengan chip Apple A16 di Geekbench ternyata biasa saja, skornya tak lebih hebat dari chip A15. Namun hasil test AnTuTu mengungkap hasil yang berbeda, skornya lebih baik dari sebelumnya.

iPhone 14 Pro Max merupakan seri tertinggi dari keluarga iPhone 14. Ekspektasi pengguna semakin tinggi karena smartphone ini ditenagai chipset terbaru Apple A16 yang powerful.

Tapi hasil test benchmarking chip A16 yang mengotaki iPhone 14 Pro Max di Geekbench beberapa hari lalu menunjukkan hasil suram. Skornya bahkan dikatakan tidak lebih hebat dari chip A15. Tapi harap dicatat, itu barulah pengujian awal yang dilakukan Geekbench.

Hasil test awak Geekbench memang melukiskan gambaran yang sangat suram tentang kinerja chipset Apple A16. Namun, sekarang tim AnTuTu telah merilis hasil pengujian benchmarking iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max dengan chip yang sama.

Raihan skor di AnTuTU berbeda, karena kali ini chip Apple A16 menorehkan performa gemilang. iPhone 14 Pro membukukan skor total 978.147, sementara iPhone 14 Pro Max berhasil mencatatkan skor 972.936.

BACA JUGA:

Raihan tersebut menunjukkan peningkatan kinerja perangkat sekitar 19%, dibandingkan dengan model iPhone 13 series yang diluncurkan tahun lalu.

Dan harap dicatat, hasil tersebut juga bisa memberikan gambaran tentang perbandingan performa iPhone 14 dan iPhone 14 Plus yang juga masih menggunakan chip lama yang dipakai duo iPhone 13 Pro.

Meski begitu, Apple memberikan peningkatan pada kapasitas RAM untuk iPhone 14 standar yang disokong RAM 6GB, sama seperti model Pro tahun lalu dan tahun ini juga.

Melihat catatan skor AnTuTu, kinerja CPU naik sebesar 17%, sedangkan skor memori naik 10%. Hasil ini menunjukkan GPU yang benar-benar mengesankan dengan lompatan 28% dari generasi sebelumnya.

Catatan tersebut cukup mengejutkan, karena Apple sendiri tidak menyebutkannya selama presentasi saat acara peluncuran. Hasil ini bisa menjadi peningkatan tertinggi dari semua generasi iPhone dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagai perbandingan, hasil awal AnTuTu untuk iPhone 13 Pro tahun lalu menunjukkan peningkatan 17% dalam skor CPU dibandingkan generasi 12 Pro dan 19% untuk GPU. Tahun lalu itu adalah skor memori yang paling memukau dengan lompatan 44%.

Jika kita perhatikan, duet iPhone 14 Pro yang diuji memiliki penyimpanan 1TB, yang memberikan sedikit keunggulan dibandingkan model dengan kapasitas lebih kecil. Namun, chipset A16 menunjukkan peningkatan kinerja yang solid dibandingkan chip tahun lalu.

Sekadar informasi, skor Snapdragon 8+ Gen 1 hingga saat ini masih yang teratas, berada di kisaran 1.000.000 dengan Asus ROG Phone 6 mencetak skor 1.110.172 secara keseluruhan, dan skor 261.708 pada tes CPU dan 469.592 pada tes GPU.

Menurut informasi yang kami dapatkan, Snapdragon 8 Gen 2 (yang kemungkinan besar akan dibuat pada node yang sama dengan Snapdragon 8+ Gen 1 dan Apple A16) akan dirilis pada akhir tahun ini.

BACA JUGA:

Sebelumnya, hasil pengujian iPhone 14 Pro Max tidak menunjukkan peningkatan kinerja signifikan. Skor iPhone 14 Pro Max di Geekbench tidaklah istimewa.

Padahal, smartphone baru kelas flagship milik Apple itu memakai chipset terbaru A16. Faktanya, skor single-core cuma 1.879 dan skor multi-core cuma 4.664.

Coba bandingkan dengan iPhone 13 Pro Max, yang punya skor single-core 1.725 dan skor multi-core 4.848. Padahal, iPhone 13 Pro Max menggunakan chip A15. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0