China Blokir Wikipedia, Apa Penyebabnya?

Blokir Wikipedia

Telset.id, Jakarta – Pemerintah China memang terkenal sering menyensor situs-situs tertentu. April 2019 lalu, mereka juga melakukan upaya ekstra untuk blokir Wikipedia.

“Pada akhir April 2019, Wikimedia Foundation menetapkan bahwa Wikipedia tidak lagi dapat diakses di China,” demikian kata Samantha Lien, manajer komunikasi untuk Wikipedia Foundation, seperti dilansir CNET.

Sayang, tidak ada penjelasan kenapa China memblokir Wikipedia. Pada Mei 2017 silam, China mengajukan rencana untuk membuat ensiklopedia online sendiri dengan lebih dari 300 ribu artikel dari 20.000 sarjana.

{Baca juga: Trik Hubungi Kontak yang Blokir Kamu di WhatsApp}

Seperti dikutip Telset.id, Kamis (16/05/2019), sebelumnya China hanya memblokir Wikipedia versi bahasa China. Sekarang, keputusan berubah seiring China memiliki situs serupa bernama The Encyclopaedia of China.

Informasi menyebut bahwa situs tersebut fokus kepada ilmu pengetahuan, budaya, sejarah, hingga pencapaian teknologi yang telah dilakukan di Negeri Tirai Bambu. Situs itu pun mulai beroperasi pada 2018 lalu.

{Baca juga: Parlemen India Desak Pemblokiran Aplikasi TikTok, Kenapa?}

Sebenarnya tak hanya China yang memblokir Wikipedia. Selain China, Turki dan Venezuela juga melakukan hal serupa. Secara berurutan, mereka memberlakukan pemblokiran terhadap Wikipedia pada 2017 dan 2018.

Jauh sebelumnya atau pada 2014, Rusia pun mengumumkan versi lain dari Wikipedia. Maksud hati, Rusia ingin memberi informasi yang lebih baik tentang berbagai hal kepada masyarakat, khususnya yang ada di dalam negeri. (SN/FHP)

Sumber: CNET

Previous articleIlmuwan Ungkap Kalau Ukuran Bulan Mulai Menyusut
Next articleWarganet Diprediksi Makin Getol Unggah Stories di Bulan Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here