Cheetah Mobile & Cubot Bikin Ponsel Irit Baterai

Telset.id, Jakarta –  Banyak cerita menarik yang bisa kita lihat dari ajang Mobile World Congress 2016 yang baru saja berlalu. Tak hanya peluncuran smartphone-smartphone flagship milik vendor ternama, tapi juga kemunculan smartphone baru buatan vendor pendatang baru.

Salah satunya yang menarik perhatian adalah pengumuman kerjasama antara produsen smartphone, Cubot dan developer aplikasi terkemuka, Cheetah Mobile. Kedua perusahaan asal China ini akan mengumumkan akan segera meluncurkan produk smartphone yang mereka namakan ‘Cubot CheetahPhone’.

Nama Cheetah Mobile pastinya sudah lebih terdengar familiar sebagai perusahaan pengembang aplikasi yang produknya sudah dikenal luas, seperti Clean Master dan CM Security. Sementara untuk Cubot, namanya memang masih asing di telinga pengguna smartphone, terutama yang tinggal di luar China.

Namun meski namanya tidak sepopuler Xiaomi, Huawei, atau juga Oppo, namun bukan berarti Cubot tidak bisa membuat produk yang dapat bersaing dengan para kompatriotnya yang telah memiliki nama besar.Tentunya Cubot akan menawarkan “hal berbeda” pada produk buatannya bersama Cheetah Mobile.

Jika melihat nama Cheetah Mobile, produk smartphone baru ini nampaknya akan dilengkapi dengan sejumlah aplikasi andalan buatan Cheetah Mobile. Kedua perusahaan ini bahkan mengklaim bahwa berkat dukungan aplikasi seperti Clean Master, daya tahan baterai ponsel CheetahPhone bisa 38% lebih tahan lama untuk sekali pengisian baterai.

Melihat spesifikasi yang ditawarkan juga tak main-main alias tergolong lumayan. Pada bagian layarnya, CheetahPhone menggunakan display 5,5 inci dengan tingkat resolusi Full HD 1080p, dan memiliki bodi ponsel terbuat dari logam.

Untuk jeroannya, CheetahPhone menggunakan prosesor MediaTek MT6753 1,5GHz, 3GB RAM, memori internal 32GB + 10GB memori cloud secara gratis dan permanen.

Sementara pada bagian kamera, smartphone ini dilengkapi kamera utama 13MP, kamer depan untuk selfie 8MP, serta sensor pemidai sidik jari. Saat dirilis, smartphone ini sudah berjalan dengan Android 6.0 Marshmallow serta custom UI dan sejumlah aplikasi pre-installed dari kedua perusahaan.

CheetahPhone tersedia dalam tiga varian warna, yakni warna gold, rose foled dan space grey. Rencananya Cubot akan mulai merilis smartphone ini untuk pasar Eropa seharga 199 euro atau sekitar Rp 2,8 jutaan di bulan April 2016. Selanjutnya CheetahPhone akan diluncurkan untuk pasar Afrika.

Sayangnya, tidak ada keterangan dari pihak Cubot apakah akan memasarkan produk smartphone-nya ini untuk negara-negara di Asia, termasuk di Indonesia. [HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here