Cegah Penyebaran, RS Corona di China Dikelola Robot Perawat

Telset.id, Jakarta – Bangsal RS khusus penanganan virus Corona di Wuhan China dikelola oleh robot perawat. Tujuannya, agar para petugas medis atau perawat terhindar dari virus tersebut.

Menurut laporan New York Post, dikutip Telset.id, Kamis (12/03/2020), robot yang didukung teknologi 5G di bangsal rumah sakit itu melakukan berbagai tugas, termasuk mengukur suhu pasien serta mengantarkan makanan.

Tak hanya berfungsi melayani kebutuhan, keberadaan robot juga bakal memungkinkan dokter untuk membaca tanda vital pasien dari jarak jauh sehingga mengurangi paparan terhadap virus corona atau Covid-19.

{Baca juga: VIDEO: Robot Ini Sanggup Bikin 150 Burger Setiap Jam}

Lebih dari 3.000 petugas medis telah terinfeksi di provinsi Hubei sejak virus Corona muncul di ibu kota Wuhan pada pertengahan Desember 2019. Kini, Covid-19 menginfeksi lebih dari 80.000 orang di daratan China.

Pemerintah China telah menghadapi kritik karena awalnya berusaha menutupi situasi. Akhirnya, mereka “mengunci” lebih dari 10 kota dan membangun banyak fasilitas karantina sebagai upaya penanganan.

{Baca juga: Robot Koki Ini Memasak untuk Pasien Virus Corona}

Proyek di RS khusus virus Corona Wuhan, tepatnya di Wuchang ini merupakan hasil kolaborasi antara pejabat Hubei dan Akademi Ilmu Pengetahuan China. Sebanyak 12 robot perawat tersedia di sana, hasil sumbangan CloudMinds.

Robot-robot itu bergerak mirip manusia, dan berpakaian hazmat. Selain membantu dokter, robot-robot akan digunakan untuk mengumpulkan seprai bekas dan membuang limbah medis. Kinerja mereka pun dinilai cukup efektif. (SN/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI