Catat Rekor Pendapatan, Apple Untung Rp 151 Triliun

Apple Watch vs iPhoneJAKARTA – Penjualan duo iPhone 6s terbukti ampuh menambah pundi-pundi Apple. Raksasa dari Cupertino ini berhasil memecahkan rekor keuntungan mereka di tahun lalu, setelah berhasil meraup keuntungan USD 11,1 miliar atau sekitar Rp 151 triliun di triwulan yang berakhir pada tanggal 26 September 2015.

Dalam laporan keuangan Apple di kuartal keempat tahun fiskal 2015, Apple menyebutkan berhasil mencatatkan rekor pendapatan untuk kuartal keempat terutama berkat penjualan iPhone, Apple Watch, dan Mac.

Di kuartal keempat, Apple mampu meraup pendapatan USD 51,5 miliar atau sekitar Rp 700 triliun, dengan keuntungan USD 11,1 Miliar atau sekitar Rp 151 triliun. Pendapatan yang dikantongi Apple sekitar 62% berasal dari luar pasar Amerika Serikat.

Pendapatan Apple naik dibanding kuartal keempat di tahun 2014, yang mencatat pendapatan USD 42,1 miliar dengan keuntungan USD 8,5 miliar. Selain itu Apple juga mencatat kenaikan margin keuntungan kotor dari 38 persen menjadi 39,9 persen.

Di sepanjang triwulan keempat tahun ini, Apple berhasil menjual 48 juta unit iPhone, naik dari 39,3 juta unit iPhone atau terjadi kenaikan 22,1 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Sayangnya catatan apik itu tidak diikuti penjualan lini tablet Apple. Di kuartal ini, Apple hanya bisa menjual 9,9 juta unit iPad, turun 19,5 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu dengan 12,3 juta unit iPad.

Peningkatan penjualan juga dicatat perangkat komputer Mac. Apple melaporkan di kuartal keempat ini telah menjual 5,7 juta unit Mac, atau naik 3,6 persen dengan 5,5 juta unit Mac di tahun sebelumnya.

Apple menyebutkan bahwa tahun fiskal 2015 menjadi tahun fiskal paling sukses, dengan total penjualan mencapai hampir USD 234 miliar atau hampir Rp 3.200 triliun, dengan keuntungan mencapai USD 53,4 juta. Pendapatan Apple di tahun ini meningkat 28 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun fiskal 2015 menjadi tahun tersukses bagi Apple, dengan pendapatan meningkat hingga 28%. Kesuksesan ini merupakah hasil dari komitmen kami untuk membuat produk terbaik dan terinovatif di dunia,” kata CEO Apple, Tim Cook, seperti dikutip telsetNews dari Reuters, Rabu (28/10/2015).

Meski berhasil mencatat rekor pendapatan, namun pencapaian yang diraih Apple itu masih di bawah estimasi para analis. Apple sebelumnya diperkirakan mempu menjual iPhone antara 48,56 juta unit hingga 49,39 juta unit. Sementara untuk iPad, Apple diperkirakan bisa menjual 10,04 juta unit hingga 10,37 juta unit iPad.

Namun Apple bisa melampaui estimasi para analis untuk penjualan Mac. Apple oleh analis diperkirakan hanya akan bisa menjual Mac sebanyak antara 5,67 unit – 5,68 juta unit, namun di kuartal ini Apple berhasil menjual 5,7 juta unit Mac.

Sayangnya, Apple tidak mengungkapkan jumlah penjualan Apple Watch, iPod, dan jumlah pelanggan layanan Apple Music. Setelah sukses di kuartal empat, Apple kini mulau bersiap untuk mengantisipasi kuartal paling penting yaitu di akhir tahun 2015 saat musim liburan tiba.

Tim Cook mengatakan pihaknya sudah menyiapkan lini produk terbaik, mulai dari iPhone 6s, iPhone 6s Plus, Apple Watch, iPad Pro baru, dan Apple TV baru yang akan mulai dikirimkan pada pekan ini.[HBS]

 

 

SourceReuters

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI