Cara Mudah Mengurangi Lag di Android

Android picJAKARTA – Salah satu yang sering dikeluhkan pengguna Android adalah masih seringnya dijumpai masalah kurang responsif dan kadang mengalami lag. Namun masalah itu sebenarnya bisa diatasi, karena sistem operasi Android bersifat terbuka sehingga dapat dilakukan pengaturan dan penyempurnaan agar smartphone bisa berjalan mulus.

Untuk mengatasi masalah kurang responsif dan lag tidaklah sulit, karena sebenarnya untuk meminimalisir lag tersebut sudah tersedia dalam hampir setiap smartphone Android. Dan untuk mengakses pengaturan tersebut, Anda juga tak perlu repot dengan proses rooting.

Anda bisa melakukannya hanya dalam beberapa langkah sederhana saja, tanpa perlu aplikasi dari pihak ketiga. Melalui tweak tersebut, sebuah smartphone Android baik versi lama ataupun terbaru akan dibuat lebih cepat dalam menjalankan perintah.

Untuk mengaktifkan fitur, pengguna pertama kali perlu mengaktifkan opsi developer (Developer Options) di handset Android. Opsi developer dapat diaktifkan dengan cara masuk ke bagian ‘Pengaturan’ (Setting).

Setelah masuk ke pengaturan, selanjutnya pilih ‘Tentang’ (About), dan masuk ke bagian ‘Nomor bentukan’ (Build number) yang biasanya terdapat di bagian ‘Software Information’ (Informasi Software). Selanjutnya ketuk bagian ‘Build Number’ sebanyak 7 kali, maka menu Developer Options akan ditampilkan.

Setelah mengaktifkan opsi developer, Anda perlu mencari bagian Skala animasi jendela (Window animation scale), Skala animasi transisi (Transition animation scale), dan Skala durasi animator (Animator animation scale).

Jika suda ditemukan, langkah selanjutnya Anda ubah nilai di dalamnya menjadi 0,5x atau lebih kecil (nilai standar 1x). Jika dijadikan 0,5x maka secara teoritis kecepatan proses akan meningkat 2 kali lipat (1/0,5). Dengan begitu, secara umum perangkat Android akan terasa lebih responsif tanpa lag.

Cara optimasi seperti tadi termasuk aman untuk diterapkan. Meski begitu, Anda tetap perlu hati-hati saat melakukannya.  Selamat mencoba. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI