Cara Impor Kontak ke HP Android, Panduan Praktis dan Cepat

Telset.id – Cara impor kontak telepon dari HP lama ke ponsel Android yang baru sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi, kenyataannya masih banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya.

Padahal, salah satu hal penting ketika Anda baru saja membeli HP Android terbaru adalah memindahkan kontak telepon alih-alih memasukkan ulang kontaknya satu per satu.

Anda bingung bagaimana caranya? Tenang, tim Telset saat ini akan membagikan cara impor dan memindahkan kontak telepon dari HP lama ke yang baru dengan sangat mudah.

Yuk simak tutorial cara pindahkan kontak telepon ke HP baru berikut ini, sob! Check this out!

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Email Baru

Cara Impor Kontak ke HP Android Baru

Ada dua cara yang mau kami bagikan. Keduanya sudah pasti sangat gampang untuk diikuti. Biar tak penasaran lagi, berikut panduan lengkap untuk memindahkan kontak telepon ke HP Android yang baru.

1. Sinkronasi Akun Google

Ini bisa dibilang sebagai cara termudah untuk impor kontak telepon dari HP lama ke ponsel Android yang baru. Berikut tutorialnya:

  • Di smartphone terbaru yang telah Anda beli, masuk ke Settings. Kemudian, beralih ke Users & Accounts. Di beberapa merek ponsel seperti Xiaomi, nama menu ini adalah Accounts & sync.
  • Apabila Anda sudah terhubung ke akun Google, pastikan akun tersebut sama dengan HP Anda yang lama. Kalau belum, tekan tombol Add Account untuk menambahkan akun Google yang baru.

Cara Impor Kontak HP Lama ke HP Android Baru

  • Tekan akun Google Anda, pastikan Contacts dicentang. Jika sudah, tekan tombol Sync Now.

Cara Impor Kontak HP Lama ke HP Android Baru

  • Tunggu beberapa saat, kontak telepon dari HP lama Anda ke yang baru pun sudah berpindah dengan mudah.

Baca juga: Cara Mengembalikan File Terhapus di Android

2. Memindahkan Kontak dengan Format CSV

Kalau cara pertama tak berhasil karena beberapa gangguan seperti jaringan bermasalah, akun Google yang tak terhubung, dan sebagainya, langkah berikut ini bisa Anda coba. Berikut caranya:

  • Masuk ke situs resmi Google Contacts. Kami sarankan untuk mengaksesnya via browser desktop.
  • tentu saja, login ke akun Google yang sama dengan HP Anda yang sebelumnya.
  • Di halaman ini, terpampang dengan jelas daftar kontak telepon yang Anda simpan.

Cara Impor Kontak ke HP Android, Panduan Praktis dan Cepat

  • Di menu kiri, tekan tombol Export dan pilih Google CSV sebagai formatnya. Untuk  perangkat iOS, ekspor kontak ke format vCard.

Cara Impor Kontak HP Lama ke HP Android Baru

  • Sekarang, pindahkan file tersebut ke HP Android Anda. Buka aplikasi Google Contacts, tekan foto profil Anda di kanan atas layar.
  • Pilih Contacts app settings, kemudian gulirkan layar ke bawah. Pilih Import > .vcf file, tekan tombol Ok. Tunggu beberapa saat sampai seluruh kontak resmi dipindahkan.

Selesai! Mudah kan cara untuk impor kontak dari HP yang lama ke HP Android yang baru? Semoga bermanfaat ya, sob! Oiya, Anda bisa melihat kanal Telset How To untuk melihat tips dan trik lainnya. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0