Canggih! e-Skin Bisa Tampilkan Detak Jantung di Kulit Tangan

Telset.id, Jakarta – Peneliti dari Universitas Tokyo, Jepang, telah mengembangkan electronic skin atau e-skin yang bisa mengukur tanda vital, semisal detak jantung Anda. Temuan itu mendapat respons positif dari periset lain di dunia.

Menurut laporan Engadget, e-skin bekerja secara nyata dan mempunyai tingkat akurasi tinggi. Inovasi tersebut digadang tak hanya berguna untuk masa sekarang, tetapi juga beberapa tahun ke depan.

Teknologi yang diterapkan di e-skin cukup mutakhir. Ketika mengukur detak jantung, e-skin akan memperlihatkan hasilnya secara real time di tangan orang yang dideteksi.

Sistem yang dipakai memadukan elektroda Nanomesh untuk saluran pernafasan dan kabel LED mikro yang mampu menghasilkan gambar dasar tubuh seseorang.

Lewat e-skin, orang lain bakal tahu pasti, apakah Anda memerlukan bantuan. Mereka hanya perlu melihat tanda-tanda melalui apa yang terpapar di tangan Anda.

Menariknya, sensor e-skin bisa terhubung ke ponsel. Hasilnya pun bisa terkoneksi dengan Cloud sehingga bisa tersimpan secara aman. Soal efek samping, para peneliti mencoba menjelaskannya.

“Sensor tidak akan mengakibatkan peradangan di kulit Anda. Kami membuatnya menggunakan teknik khusus dengan biaya kecil,” terang perwakilan peniliti dari Universitas Tokyo.

[Baca juga: Waspada! Akun Game Online Dibidik Hacker]

Berdasarkan informasi, perusahaan besar Dai Nippon Printing akan memegang proyek tersebut dan menawarkan kepada siapa saja yang berminat. Kemungkinan, setelah melalui beberapa penyempurnaan, e-skin bisa mulai dipasarkan tiga tahun lagi. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0