Bursa Kripto Jepang Kembali Diserang Hacker

Telset.id, Jakarta – Bursa kripto Jepang kembali diserang para hacker. Kali ini, giliran bursa Zaif milik Tech Bureau yang mengakibatkan kerugian mencapai USD 60 juta atau setara dengan Rp 890 miliar.

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis (20/09/2018), para hacker membobol bursa Zaif milik Tech Bureau selama dua jam pada 14 September lalu. Sayangnya, perusahaan itu baru mengetahui serangan tersebut 3 hari setelahnya, setelah mendeteksi adanya masalah server dan langsung melaporkannya ke otoritas setempat.

Baca Juga : Aplikasi Penambang Kripto Mulai Disingkirkan dari Play Store

Menutur Tech Bureau, mata uang kripto yang dicuri sebagian besar merupakan milik pelanggan. Para hacker ini mencuri beberapa mata uang, seperti Bitcoin, Monacoin dan Bitcoin Cash.

Beruntung Tech Bureau mendapatkan bantuan investasi dari Fisco Ltd sebesar USD 44,59 juta atau sekitar Rp 662 miliar, yang ditukar dengan saham mayoritas perusahaan. Bantuan investasi ini dipergunakan untuk mengganti kerugian akibat serangan hacker ke bursa mata uang kripto mereka.

Walaupun demikian, nilai investasi yang diberikan Fisco bisa saja berubah. Itu karena, Fisco masih menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan pihak Badan Jasa Keuangan Jepang (FSA) terhadap jumlah kerugian atas serangan hacker yang terjadi.

Baca Juga : Opera Hadirkan Layanan Dompet Mata Uang Kripto di Desktop

Kejadian ini bukan pertama kalinya menimpa bursa mata uang kripto Jepang. Pada Januari lalu misalnya, bursa Coincheck juga dibobol hacker dan menyebabkan kerugian sekitar USD 530 juta atau setara dengan Rp 7,8 triliun. Akibat kejadian itu, Coincheck diakuisisi oleh broker online Jepang, Monex Group.

Bursa kripto online sendiri dinilai lebih rentan terhadap serangan hacker daripada bursa kripto yang tidak terhubung ke internet. Atas kasus ini, kemungkinan akan mempengaruhi tinjauan FSA terhadap regulasi industri kripto. (WS/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI