Buntut Insiden Tabrakan, Uber Stop Uji Coba Mobil Otonom

Telset.id, Jakarta – Perusahaan transportasi daring asal San Fransisco, Uber, menghentikan uji coba mobil otonom di Arizona, Amerika Serikat. Penghentian dilakukan dua bulan setelah terjadi kecelakaan yang melibatkan satu mobil tanpa pengemudi buatan Uber.

Kecelakaan tersebut memakan korban seorang perempuan bernama Elaine Herzberg (49). Herzberg saat itu tengah mengendarai sepeda di perlintasan roda empat. Ia kemudian ditabrak oleh mobil otonom Uber yang sedang melaju dengan kecepatan 64 kilometer per jam.

Dilaporkan Recode, penutupan operasi mobil otonom Uber hanya berlaku di Arizona, tidak di negara bagian lain. Namun demikian, Uber hanya akan membatasi pengoperasian mobil otonom di beberapa wilayah, meliputi Pittsburgh, Pennsylvania, serta dua kota di California.

Meski memutuskan menyetop uji coba mobil otonom di Arizona, Uber tak lantas terbebas dari perkara. Uber sekarang menghadapi persoalan dengan regulator di California dan Pittsburgh. Perizinan uji coba mobil otonom Uber semakin diperketat oleh otoritas.

Mengenai kecelakaan di Arizona, berdasarkan serangkaian penyelidikan, terungkap bahwa mobil otonom Uber mengalami error di software. Dilaporkan Autonews, merujuk investigasi kepolisian, sistem di mobil otonom Uber tidak mampu menghindar ketika korban berada persis di depannya.

Berita Terkait: Mobil Otonom Uber Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas 

Software mobil otonom Uber membaca bahwa sepeda bukanlah objek yang perlu dihindari. Mobil tanpa pengemudi buatan Uber itu memang memiliki kemampuan mengenali semua objek yang ada di depannya. Ia mampu memilah, benda apa yang perlu dihindari dan mana yang tidak.

Eksekutif Uber mengklaim bahwa permasalahan di sistem terjadi karena penyetelan terlalu longgar sehingga melihat sepeda layaknya kantong plastik. Parahnya lagi, sang sopir yang menjadi operator mobil otonom mengaku lengah saat peristiwa berlangsung. [SN/HBS]

Sumber: Recode

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0