Bukan Snake, Ini Game Mobile Pertama di Dunia

Telset.id, Jakarta – Game mobile adalah salah satu irisan terbesar dari industri hiburan, khususnya di perangkat mobile. Bahkan, fenomena game mobile telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam 5-6 tahun terakhir. Beberapa perusahaan raksasa pembuat game, seperti EA, Gameloft, dan lain-lain ikut terjun ke dunia game mobile.

Ada banyak sekali game-game mobile populer yang kini bisa kita jumpai di toko aplikasi, baik itu di Android maupun iOS. Aplikasi game juga kini menjadi ‘aplikasi wajib’ di perangkat smartphone. Tapi apakah Anda tahu game mobile pertama di dunia?

Pasti banyak orang yang akan menebak, bahwa game Snake yang ada di ponsel Nokia adalah game mobile pertama di dunia. Namun jawaban itu ternyata salah. Karena sebenarnya ada game mobile lain yang telah lahir beberapa tahun lebih dulu ketimbang game Snake.

Sedikit mengingatkan, Nokia meluncurkan fitur game Snake pada tahun 1997. Meski game ini sangat sederhana, namun faktanya game ini sangat populer di masanya. Bahkan saking populernya, game Snake dinobatkan sebagai game legendaris karena dianggap sebagai pioner game mobile.

Kepopuleran game Snake memang luar biasa, karena saat itu hampir semua orang di dunia memainkan game jadul ini. Tak bisa dipungkiri, kepopuleran Snake terbantu karena game ini sudah tertanam di hampir semua ponsel Nokia yang ada di pasaran. Dan kita tahu, saat itu hampir semua orang menggunakan ponsel Nokia.

Pada tahun 90-an, game mobile masih sangat sedikit, maka tak heran banyak yang mengira game Snake di ponsel Nokia tersebut adalah game mobile pertama di dunia. Tidak banyak yang tahu, sebenarnya tiga tahun sebelum Snake lahir, sudah ada game lain yang telah lebih dulu ada.

hagenuk-mt-2000
Hagenuk MT-2000

 

Game mobile sebelum Snake adalah sebuah versi dari game Tetris yang sudah dikustomisasi di ponsel bernama Hagenuk MT-2000. Ponsel ini diproduksi oleh perusahaan Denmark dan diluncurkan tahun 1994. Hagenuk MT-2000 disebut-sebut ponsel pertama yang dilengkapi “soft keys”, yang memudahkan pengguna memainkan game Tetris tersebut.

Namun jika ditelusuri lebih jauh, Tetris tertanyata juga bukan game mobile pertama. Karena sebelumnya, IBM dan BellSouth pernah bekerja sama dalam sebuah proyek, yang kemudian menghasilkan smartphone pertama bernama Simon Personal Communicator.

Smartphone ini diperkenalkan pertama kali tahun 1993, tapi baru dipasarkan pada bulan Agustus 1994. Dari sekian banyak fitur-fitur yang ada di smartphone tersebut, ada satu game bernama Scramble. Game ini semacam teka-teki, di mana Anda harus memindahkan kotak untuk membentuk gambar. Inilah game mobile pertama di dunia.

simon-personal-communicator
Simon Personal Communicator

Melihat fakta ini, maka kini harusnya tidak ada lagi perdebatan soal game mobile pertama di dunia. Kini kita tahu, Snake bukanlah game mobile pertama, karena Scramble telah ada lebih dulu, kemudian disusul Tetris di ponsel Hagenuk MT-2000, baru kemudian lahir Snake yang akhirnya lebih populer karena ada di ponsel Nokia yang saat itu merajai pasar.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI