Bukan Sidik Jari, Ini Sistem Keamanan Paling Sulit Dibobol

PalmSecure Technology

Telset.id, Jakarta – Saat ini, sistem keamanan di laptop atau smartphone memiliki beberapa jenis, seperti pattern lock, PIN, passwordfingerprint, hingga iris scanner. Namun kini ada satu sistem keamanan baru yang diperkenalkan Fujitsu, yakni PalmSecure Technology, yang berbasis Biometrik.

Fujitsu mengklaim sistem keamanan baru ini lebih aman dan lebih sulit untuk dimanipulasi. Menurut salah satu IT provider global ini,  PalmSecure Technology merupakan sistem keamanan berbasis biometrik yang diklaim paling aman saat ini.

“Teknologi ini memiliki presisi paling tinggi karena hanya memiliki kesalahan kurang dari 0.00001%. PalmSecure mengenali pembuluh darah vena yang menjadikannya sebagai teknologi biometrik paling tinggi untuk saat ini,” jelas Joni Irwanto, Head of Channel Partner Management Fujitsu Indonesia di Jakarta, Rabu (14/12/2016).

[Baca juga: Ini 5 Aplikasi Keamanan Paling Ampuh untuk Android]

PalmSecure Technology memungkinkan penggunanya untuk membuka laptop atau PC hanya dengan mengarahkan tangannya ke sebuah sensor tanpa harus menyentuhnya. Kemudian otomatis, laptop atau PC akan terbuka dan penggunanya bisa menggunakannya seperti biasa.

Fitur keamanan biometrik ini bisa ditemukan pada lini produk laptop dari Fujitsu yakni Lifebook S Series dan S Series yang memang ditujukan untuk sektor bisnis atau enterprise. “Di lini bisnis, hal yang paling krusial itu password atau keamanan,” ujar Joni.

Menurutnya, dengan adanya PalmSecure Technology, para pengguna tak perlu lagi khawatir dengan “kekurangan” pada sistem keamanan biasa, seperti passwordfingerprint, atau lainnya, karena dengan mengandalkan pembuluh darah vena, tentunya sangat sulit untuk dimanipulasi.

[Baca juga: Catat! Ini 6 Ancaman Keamanan Cyber di 2017]

Cara kerja dari PamSecure Technology adalah menangkap serta menyimpan pola dari pembuluh darah vena si pengguna dengan memancarkan sinar inframerah jarak dekat yang diserap oleh deoxidized hemoglobin dalam darah melalui telapak tangan pengguna.

Pengguna hanya tinggal mengarahkan telapak tangan di atas sensor, kemudian pola dari pembuluh vena pengguna tersebut akan diverifikasi apakah diizinkan atau ditolak oleh sistem PalmSecure Technology untuk bisa mengoperasikan PC atau laptop. (FHP/HBS)

https://youtu.be/CqfbSXmLIZQ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here