Bos Google Diam-diam Bikin Mobil Terbang

Telset.id, Jakarta – Google menjadi salah perusahaan teknologi yang saat ini tengah getol mengembangkan mobil tanpa awak atau istilah kerennya Autonomous cars. Namun rupanya mobil elektrik tanpa awak tidak cukup memuaskan bagi Larry Page, co-founder Google. Page kabarnya ingin membuat sesuatu yang lebih hebat, yakni mobil terbang!.

Bagi seorang Larry Page yang dikenal visioner dan berlimpah duit, membuat mobil tanpa awak bukanlah sebuah inovasi yang terlalu cemerlang. Baginya, untuk apa duduk di dalam mobil (sendirian), kalau bisa membuat mobil yang bisa melintas di atasnya tanpa terkena macet.

Saat ini Google dan beberapa perusahaan raksasa teknologi dan pabrikan mobil, seperti Tesla, BlackBerry, Volvo, dll, memang sedang berlomba membuat mobil tanpa pengemudi atau driverless car. Namun Larry Page sepertinya ingin membuat lompatan yang lebih besar.

Seperti dilansir Bloomberg, Page dikabarkan sedang mendanai dua startup yang sedang mengembangkan mobil terbang. Kedua startup yang didanai Page tersebut bernama Zee.Aero dan Kitty Hawk.

Bahkan untuk memenuhi ambisinya ini, Page disebutkan telah merogoh koceknya sendiri hingga USD 100 juta atau setara Rp 1,3 triliun untuk mendanai proyek mobile terbang yang dikembangkan Zee.Aero.

Startup yang berdiri sejak 2010 lalu ini kabarnya sudah beberapa kali mengadakan pengujian penerbangan di sebuah bandara yang berlokasi di Hollister, California, Amerika Serikat.

Kedua perusahaan ini akan beroperasi secara terpisah, dimana Zee.Aero akan memanfaatkan sebuah pusat penelitian milik NASA, yang letaknya kurang dari 1 jam dari markas Alphabet (perusahaan induk Google) di Mountain View.

Saat ini Zee.Aero disebutkan telah memiliki dua mobil prototype yang siap diujicoba, dan pengembangannya melibatkan para engineer dari NASA, Boeing, SpaceX, dan beberapa perusahaan teknologi lainnya.

Meski sama-sama membuat mobil terbang, namun Zee.Aero dan Kitty Hawk memilih desain yang berbeda. Prototype yang dikembangkan Zee.Aero berbentuk seperti pesawat mini, sementara Kitty Hawk menggunakan desain mirip drone quadcopter berukuran besar.

Proyek mobil terbang yang dikembangkan Page ini terkesan rahasai, sehingga tak heran informasi yang didapat masih sangat minim. Page nampak masih belum mau mengumbar informasi tentang mobil masa depan buatannya tersebut. Begitupun Zee.Aero dan Kitty Hawk masih bungkam.[HBS]

 

SourceEngadget

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -