Bos Facebook Cegah Intaian Hacker Pakai Selotip

Telset.id, Jakarta – Beberapa hari lalu, Mark Zuckerberg memposting sebuah foto saat merayakan pencapaian 500 juta pengguna bulanan Instagram. Namun bagi pengamat yang memiliki ‘mata sangat tajam’, ada yang lebih menarik selain senyum sumringah Zuckerberg di foto itu. Yakni sebuah selotip yang menutupi webcam milik pendiri Facebook itu.

Biasanya saat melihat foto para pesohor, orang akan lebih fokus melihat wajahnya yang ganteng/cantik atau pakaiannya yang keren. Namun tidak bagi para pengamat teknologi, karena mereka sepertinya lebih tertarik memelototi gadget milik si pesohor.

Begitulah yang terjadi ketika Mark Zuckerberg memposting fotonya saat merayakan pencapaian Instagram yang menembus 500 juta pengguna bulanan. Bukannya melihat foto penampilan Zuckerberg yang sedang memegang ‘frame foto’, para pengamat bermata jeli ini justru lebih tertarik melihat laptop Zuckerberg yang tergeletak di atas meja kerjanya.

[Baca juga: 300 Juta Orang Berbagi Foto Setiap Hari di Instagram]

Laptop yang bagi orang awam terlihat tak ada yang ‘aneh’ itu sebenarnya memiliki sesuatu yang menarik, karena pada bagian webcam dan jack microphone nampak ditempel sebuah selotip.

Selotip tersebut diduga digunakan Zuck untuk “memproteksi” perangkatnya dari intaian para hacker. Dengan menutup bagian kamera di laptopnya dengan selotip, maka Zuck dapat memastikan dirinya akan “aman”, sekalipun ada hacker yang bisa menyalakan webcam Zuck dari jarak jauh untuk merekam aktivitasnya.

Mark laptop selotip

Ya, para hacker yang coba menggunakannya untuk merekam video, tak akan mendapatkan gambar yang bisa terekam, karena kameranya sudah ditutup. Begitupun peretas tidak bisa mereka suara karena microphone-nya sudah ditutup selotip. Sangat sederhana bukan.

Menurut Gizmodo, meja ini dipastikan adalah meja kerja Zuck, karena meja yang sama juga pernah muncul saat Zuck tampil di dalam sebuah video untuk Facebook Live tahun 2015 lalu.

Sebenarnya Zuck bukanlah satu-satunya orang terkenal yang memprektekan cara ini (memakai selotop). Sebelumnya, Direktur FBI, James Comey juga mengaku melakukan hal serupa, setelah ia melihat seseorang yang disebutnya lebih pintar juga memplester webcam di laptopnya.[HBS]

 

SourceThe Verge

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -