Bos Burberry Pimpin Toko Retail Apple

Angela Ahrendts, CEO Burberry
Angela Ahrendts, CEO Burberry

Jakarta – Sebagai perusahaan teknologi, Apple tidak melulu butuh orang yang hebat dalam hal teknologi. Seperti kali ini Apple membajak Angela Ahrendts, CEO Burberry, salah satu rumah mode kenamaan asal Inggris.

Ahrendts akan mulai mengisi posisi Senior Vice President pada awal tahun 2014 mendatang. Wanita berusia 53 tahun tersebut dipercaya Apple untuk mengurus toko retail Apple dimana nantinya dia akan langsung melapor ke CEO Tim Cook.

Posisi kepala retail Apple sendiri telah lowong sejak pejabat sebelumnya John Broett mundur dari jabatannya pada Oktober 2012 silam. Dengan pengalamannya memimpin Burberry, Ahrendts diharapkan bisa memperkuat rantai pemasaran retail Apple, mulai dari strategi, ekspansi, hingga operasional di toko Apple.

“Saya merasa sangat terhormat bisa bergabung dengan Apple pada posisi baru ini mulai tahun depan. Saya berharap bisa bekerja sama dengan tim global untuk lebih memperkaya pengalaman konsumen,” ujar Ahrendts, yang dikutip telsetNews dari The Verge, Rabu (16/10).

Ini merupakan kali kedua Apple membajak petinggi dari perusahaan fashion. Sebelumnya pada bulan Juli lalu, raksasa dari Cupertino juga ini telah merekrut mantan CEO Yves Saint Laurent Paul Deneve untuk bergabung dengan Apple.

Apple sepertinya memang sedang getol untuk memperkuat rantai bisnis ritelnya di luar Amerika, terutama di China yang masih cukup keteteran bersaing dengan produk ponsel lokal China.

Ahrendts dianggap memiliki pengalaman yang bagus saat sukses menembus pasar China bersama Burberry. Dengan memiliki track record bagus itulah yang menjadi dasar Apple memutuskan untuk memboyongnya ke Sillicon Valley.

Menariknya, kehadiran Ahrendts di Sillicon Valley ini akan menambah daftar petinggi wanita di perusahaan teknologi, setelah sebelumnya ada Sheryl Sandberg (Chief Operating Officer Facebook) dan Marissa Mayer (CEO Yahoo).

Hubungan Apple dan Burberry sendiri memang bisa dibilang cukup “mesra”. Kedua perusahaan ini sebelumnya telah menjalin kerja sama untuk mempromosikan iPhone 5S di industri fashion saat ajang fashion show Burberry untuk koleksi Spring/Summer 2014.[HBS]

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI