Boikot Debat, Donald Trump Konsultasi di Twitter

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Reuters)

Telset.id – Ada hal menarik pada debat calon presiden Amerika Serikat (AS) yang sedianya akan dihelat oleh Fox News. Salah satu peserta debat yang juga kandidat presiden dari Partai Republik, Donald Trump, enggan ikut debat setelah mendapatkan banyak masukan dari follower-nya di Twitter.

Debat tersebut sedianya akan diadakan di Des Moines, Iowa. Alasan Trump, dia tidak “sreg” dengan host Fox News, Megyn Kelly, yang disebutnya memiliki bias dalam membawa acara. Kelly sendiri merupakan salah satu dari tiga moderator acara debat tersebut.

Trump berasalan tidak menyukai Kelly, sebab dalam acara debat sebelumnya yang dihelat CNN, Trump menilai Kelly yang juga salah satu moderator sangat keterlaluan memberikan pertanyaan kepadanya.

Lewat akun @realDonaldTrump, calon presiden AS yang penuh kontroversial ini menanyakan kepada para follower-nya, apakah dia harus mengikuti debat Partai Republik di Iowa? Sebanyak 5,8 juta follower Trump yang berpartisipasi dalam polling ini, sebagian besar menyarankan Trump untuk tetap ikut debat.

Tapi kemungkinan, Trump tidak suka nasihat para follower-nya untuk tetap ikut debat. Alih-alih mengikuti saran mereka, Trump menarik diri dari debat tersebut.

Pihak Fox News mengatakan pengunduran diri Trump tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya. Pihak Fox mengatakan Trump tetap diundang debat tapi tidak boleh mendikte pertanyaan moderator.

Saat ini, Trump memang diunggulkan jadi calon presiden dari Partai Republik dan unggul dari sisi polling dibanding kompatriotnya Ted Cruz. Padahal, debat di Iowa ini penting untuk menunjukkan, mana yang lebih baik antara Trump dengan Cruz, yang saat ini menjabat sebagai senator di Texas.

Bukan pertama kali pula Trump mengancam boikot acara debat. Pada 15 Desember lalu, Trump sempat menolak tampil di acara debat yang diselenggarakan CNN, jika CNN tidak membayarnya USD 5 juta untuk penampilannya.

Namun saat ini CNN enggan menanggapi permintaan Trump, dan calon presiden berambut pirang ini akhirnya tetap ikut acara debat tersebut.[AI/HBS]